Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-79: Ukraina Catat Kejahatan Rusia dan Finlandia Mau Bergabung dengan NATO

Kementerian Luar Negeri Rusia memperingatkan akan mengambil langkah teknis militer saat Finlandia memutuskan untuk bergabung dengan NATO.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 13 Mei 2022  |  10:02 WIB
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS - Alexander Ermochenko
Asap mengepul dari lokasi kebakaran selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS - Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-79 sejak awal invasi. Ukraina umumkan kasus pengadilan pertama tentang kejahatan perang sejak awal invasi Rusia.

Pengadilan Ukraina yang berlokasi di Kyiv mendakwa Komandan Militer Rusia, Vadim Shishimaru (21) dari Divisi Tank karena diduga ia telah membunuh seorang warga sipil (62) yang tidak bersenjata saat sedang berbicara melalui telepon di desa Chupakivka, Sumy.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri Rusia memperingatkan akan mengambil langkah teknis militer saat Finlandia memutuskan untuk bergabung dengan NATO. Keputusan Finlandia ini sudah disetujui Presiden Finlandia, Sauli Niinistö dan jajarannya, ia mengatakan bahwa keputusan ini sudah tidak bisa ditunda lagi. Keputusan Finlandia ini juga akan segera disusul oleh Swedia dalam beberapa hari kemudian.

Selain hal itu, berikut beberapa update rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-79 yang dirangkum The Guardian pada Jum’at (13/5/2022), sebagai berikut :

Sanksi Pemotongan Pasokan Gas Rusia Untuk Finlandia

Setelah pengumuman bergabungnya Finlandia dengan NATO, Rusia langsung mengambil kebijakan untuk memotong pasokan gasnya ke Finlandia pada hari Jumat.

Tuntutan Senator Amerika Serikat Untuk Distribusi Uang Bantuan $40 Miliar

Senator Republik Rand Paul telah memblokir pengesahan RUU bantuan senilai $40 miliar untuk Ukraina di Senat, AS. Paul menuntut perubahan untuk pendistribusian uang bantuan tersebut, dia juga menegaskan agar seorang inspektur jenderal dapat mengawasi bagaimana uang itu dibelanjakan.

Tuduhan Dubes AS Terhadap Perlakuan Kejahatan Warga Ukraina di Donetsk, Rusia

Duta Besar AS untuk Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), Michael Carpenter, mengatakan bahwa setidaknya beberapa ribu orang Ukraina telah dikirim ke "pusat penyaringan" di Rusia.  Ia menjelaskan bahwa disana warga Ukraina menjadi sasaran penganiayaan dan interogasi. Carpenter menambahkan bahwa salah satu korban tersebut mengatakan saat ini semua orang takut untuk dibawa ke Donetsk karan mereka bisa menjadi korban pembunuhan.

Pembahasan Sektor Pertanian Oleh G7 di Jerman

Langkah-langkah mendesak untuk mematahkan blokade Rusia atas ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina, langkah tersebut seperti membuka rute melalui Rumania dan Baltik. Hal ini sedang dibahas pada pertemuan tiga hari menteri luar negeri dan pertanian G7 di Jerman.

Sebagai informasi, sebelum perang terjadi sebagian besar makanan yang diproduksi oleh Ukraina cukup untuk memberi makan 400 juta orang dan diekspor melalui tujuh pelabuhan Laut Hitam.

Simpang Siur Pembakaran Kapal Logistik Angkatan Laut Rusia di Laut Hitam

Ukraina mengatakan telah merusak dan membakar kapal logistik angkatan laut Rusia di Laut Hitam. Vsevolod Bobrov berada di dekat Pulau Ular, kata Serhiy Bratchuk. Namun, kabar tersebut masih simpang siur karena belum diverifikasi kementerian pertahanan Rusia.

Situasi di Pabrik Baja Azovstal Tak Kunjung Usai

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, mengatakan bahwa saat ini negosiasi untuk mengevakuasi 38 pejuang yang terluka parah dari pabrik baja Azovstal yang terkepung di kota pelabuhan Mariupol. Iryna terus mengupayakan negosiasi tersebut dengan memberi tawaran imbalan tawanan perang Rusia. 

6 Juta Lebih Telah di Evakuasi Dari Ukraina

Badan Pengungsi PBB mengatakan bahwa saat ini jumlah orang yang melarikan diri dari Ukraina telah melampaui enam juta. PBB juga mengatakan bahwa delapan juta orang lainnya telah mengungsi di dalam Ukraina.

Ratusan Anak di Ukraina Telah Menjadi Korban Perang Selama Bulan April

PBB mengatakan hampir 100 anak tewas di Ukraina selama April  dan menambahkan bahwa angka sebenarnya bisa jauh lebih tinggi. Wakil direktur eksekutif Unicef, Omar Abdi, menuntut diakhirinya pemboman sekolah-sekolah di Ukraina, Omar juga menambahkan bahwa satu dari enam sekolah yang didukung Unicef di Ukraina timur telah rusak atau hancur.

Hasil Voting Resolusi Penyelidikan Pelanggaran Pasukan Rusia

Dewan hak asasi manusia PBB telah mengeluarkan resolusi untuk menyelidiki dugaan pelanggaran oleh pasukan Rusia. Pelanggaran yang dilakukan oleh Rusia berada di bawah kendali PBB.

Adapun resolusi tersebut untuk meminta pertanggungjawaban kepada Rusia yang bertanggung jawab dan hasil resolusi tersebut yang disahkan oleh mayoritas yang kuat dengan 33 anggota memberikan suara mendukung, dua suara dari China dan Eritrea menentangnya serta 12 suara yang abstain.

Verifikasi Kejahatan Perang di Ukraina Oleh PBB

Kepala Hak Asasi Manusia PBB, Michelle Bachelet mengatakan bahwa 1.000 mayat telah ditemukan di ibukota Ukraina, Kyiv. Hasil tersebut berasal dalam beberapa pekan terakhir yang sudah diverifikasi banyak pelanggaran perang yang dilakukan Rusia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato amerika serikat Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top