Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Hepatitis, Indonesia, AS, dan Inggris Lakukan Penelitian

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah sedang melakukan penelitian bersama AS dan Inggris terkait kasus hepatitis.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  16:33 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah melakukan penelitian dengan AS dan Inggris terkait kasus hepatitis di Indonesia - Kemenkes RI
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pemerintah melakukan penelitian dengan AS dan Inggris terkait kasus hepatitis di Indonesia - Kemenkes RI

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan bahwa Indonesia telah melakukan koordinasi dan diskusi bersama Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada 3 Mei 2022 mengenai penyebaran kasus hepatitis akut di dunia.

Budi menyampaikan bahwa kesempatan itu telah membuat Indonesia mendapatkan berbagai informasi terkait penyakit hepatitis akut dari kedua Lembaga Kesehatan tersebut.

Meskipun demikian, Menkes mengatakan bahwa sampai saat ini belum bisa dipastikan mengenai virus yang secara pasti dapat menyebabkan penyakit hepatitis akut ini. Menanggapi hal tersebut, Budi menyebutkan bahwa Indonesia tengah menjalin kerja sama dengan Inggris dan Amerika dalam bidang penelitian yang ditujukan untuk mendeteksi secara tepat dan cepat terkait penyebab dari penyakit hepatitis akut.

“Kemungkinan besar adalah Adenovirus 41 tapi ada juga kasus yang tidak ada Adenovirus 41. Jadi kita masih melakukan penelitian bersama Amerika dan Inggris untuk memastikan penyebabnya apa,” ujar Budi pada konferensi pers Senin (9/5/2022).

Sebelumnya Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua pekan terakhir setelah WHO menyatakan kejadian luar biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia sejak 15 April 2022.

Menkes mengimbau masyarakat untuk terus meningkatkan kebersihan tubuh karena mengingat kasus ini menular melalui mulut.

Tak hanya itu, Budi menegaskan jika terjadi gejala BAB yang berlebihan dan disertai dengan  demam pada anak, orangtua sebaiknya segera merujuk buah hatinya ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mengantisipasi penularan penyakit hepatitis akut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin menkes hepatitis
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top