Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR Desak Pemerintah Gencarkan Edukasi soal Hepatitis Misterius

Edukasi oleh pemerintah dinilai DPR penting, demi menjaga agar masyarakat tidak panik menyikapi kasus hepatitis misterius.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 05 Mei 2022  |  12:15 WIB
Ilustrasi seorang anak dirawat akibat hepatitis akut misterius - WHO
Ilustrasi seorang anak dirawat akibat hepatitis akut misterius - WHO

Bisnis.com, JAKARTA – DPR mendesak pemerintah lebih gencar melakukan edukasi kepada masyarakat soal kasus hepatitis akut misterius pada anak usia 1 bulan hingga 16 tahun, yang belakangan ditemukan di Jakarta. Edukasi dinilai penting dalam rangka menjaga masyarakat agar tidak dirundung kepanikan.

“Saya kira langkah pertama untuk disampaikan dan edukasi pada masyarakat, ya kita tidak perlu panik terhadap situasi dan kondisi kekinian penyakit yang baru ini. Hepatitis misterius ini saya kira kita tidak perlu panik,” kata Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo saat dihubungi wartawan, Kamis (5/5/2022).

Menurut Rahmad apa yang dilakukan pemerintah sebenarnya sudah benar, yakni untuk tidak perlu takut walaupun organisasi kesehatan dunia, WHO sudah mengklasifikasi fenomena tersebut sebagai kejadian luar biasa.

Meski begitu, publik tetap harus waspada dan hati-hati. Antisipasi yang dinilainya bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Lalu menjaga protokol kesehatan.

Pemerintah dan masyarakat, tambah Rahmad perlu melakukan hal tersebut karena pada saat yang sama pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Kalau edukasi, sosialisasi sudah menjadi bagian keseharian kita, apapun penyakitnya kita bisa meminimalkan mungkin. Untuk itu saya kira itu yang harus diperhatikan.” 

Sebagai konteks, hingga Rabu (4/5) WHO telah menerima laporan 228 kasus kemungkinan hepatitis misterius serupa pada anak-anak dari 20 negara. Sebagian besar kasus berasal dari Eropa. Ada juga dari Amerika, Pasifik Barat dan Asia Tenggara.

WHO pertama kali mendapat laporan terkait hepatitis ‘misterius’ pada 5 April 2022 atau sebulan lalu. Tepatnya berasal dari 10 kasus di Skotlandia yang terdeteksi pada anak-anak di bawah usia 10 tahun. Lebih dari 100 kasus juga telah ditemukan di Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hepatitis hepatitis misterius
Editor : Herdanang Ahmad Fauzan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top