Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kumpulan Doa dari Al Quran, Cocok Dibaca Saat Idulfitri

Al Quran mengandung banyak doa yang baik dibaca kapanpun, tak terkecuali saat Idulfitri.
Ilustrasi doa.
Ilustrasi doa.

Bisnis.com, JAKARTA — Al-Quran mencakup firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala, termasuk di dalamnya berisi doa-doa memohon kebaikan dan berbagai tujuan lainnya.

Diantara doa-doa dalam Al-Quran ada yang khusus memohon ampunan dan rahmat Allah, doa agar termasuk dalam golongan orang-orang yang beriman, hingga doa agar amal ibadah dan taubat diterima.

Doa dalam Al-Quran dapat dibaca kapanpun, terutama saat momentum 1 Syawal atau perayaan Idulfitri. Selain bertakbir dan salat Idulfitri, membaca doa dari Al-Quran pun sangat dianjurkan.

Berikut ini kumpulan doa dari Al-Quran yang dirangkum Bisnis dari berbagai sumber:

Doa Diterima Amal Ibadah dan Taubat

“Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” - (Al-Baqarah ayat 127-128).

Doa Memohon Kebaikan di Dunia dan Akhirat

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka” - (Al-Baqarah ayat 201).

Doa Dimudahkan Segala Urusan dan Kelapangan Hati 

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” - (Thaha ayat 25-28).

Doa agar Senantiasa Memiliki Ketakwaan

“Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung” - (At-Taubah ayat 129).

Doa Meminta Perlindungan dari Kekejaman Manusia  

“Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim” - (Al-Qashash ayat 21).

Doa agar Teguh dalam Mendirikan Salat  

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku” - (Ibrahim ayat 40). 

Doa Mohon Ampunan Bagi Kedua Orangtua dan Kaum Mukmin 

“Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang” - (Al-Hasyr ayat 10). 

Doa Meminta Keturunan yang Saleh

“Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh” - (Ash-Shaffat ayat 100). 

Doa agar Termasuk Golongan Orang yang Beriman 

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al-Quran dan kenabian Muhammad)” - (Al-Maidah ayat 83).

Doa Mohon Ampunan dan Rahmat Allah

“Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik” - (Al-Mu’minun ayat 118).

Doa Meminta Jodoh 

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” - (Al-Furqan ayat 74). 

Doa Meminta Kesabaran 

“Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran pada kami, kokohkan pendirian kami, serta tolonglah kami untuk mengalahkan orang-orang kafir.” - (Al-Baqarah ayat 250). 

Doa Meminta Keteguhan Hati  

"Ya tuhan kami, janganlah engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah engkau beri petunjuk kepada kami dan kurniakanlah kepada kami rahmat dari sisi engkau kerana sesungguhnya engkaulah maha pemberi kurnia." (Ali Imran ayat 8). 

Nabi Muhammad Shalallaahu Alaihi Wassalaam menyebutkan keutamaan berdoa dalam beberapa riwayat hadist, salah satunya: 

“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah daripada doa“. [Sunan At-Timidzi, bab Do’a 12/263]. 

Berdoa merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Sudahkah berdoa hari ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper