Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-65: Ini Hadiah Dari Rusia Bagi Sekjen PBB Saat Kunjungi Ukraina

Perang Rusia vs Ukraina belum selesai. Kini Rusia semakin sadis untuk menginvasi dan merebut kekuasaan.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 29 April 2022  |  12:39 WIB
Anggota pasukan Ukraina berpartisipasi dalam latihan pertempuran perkotaan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di wilayah kota yang ditinggalkan di Pripyat, Ukraina, Jumat (4/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota pasukan Ukraina berpartisipasi dalam latihan pertempuran perkotaan, yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di wilayah kota yang ditinggalkan di Pripyat, Ukraina, Jumat (4/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-65 sejak awal invasi. Ibu kota Ukraina dihantam dua rudal jelajah dan ledakkan tersebut mengguncang kota Kyiv yang saat itu bertepatan dengan kunjungan Sekjen PBB ke Ukraina, António Guterres.

Dalam ledakkan tersebut sepuluh orang terluka, tiga orang dirawat di rumah sakit dan bangunan setinggi 25 lantai hancur di distrik Shevchenkivskyi tengah.

Menanggapi serangan tersebut, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Ukraina saat ini tidak bisa lengah. Saat Rusia mengklaim bahwa mereka tidak akan melakukan serangan di Mariupol, tetapi serangan terus berlanjut di Kyiv.

“Ini adalah kejahatan perang yang dilakukan oleh militer Rusia secara harfiah di depan seluruh dunia,” ungkap Zelensky.

Simak update rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-65 yang dirangkum The Guardian pada Jumat (29/4/2022), sebagai berikut:

8000 Tentara Inggris Dikirim Ke Eropa Timur

Dalam latihan untuk memerangi agresi Rusia, Inggris akan mengirim 8.000 tentara ke Eropa timur. Hal ini merupakan salah satu pengerahan terbesar sejak perang dingin karena lusinan tank akan dikerahkan ke negara-negara mulai dari Finlandia hingga Makedonia Utara antara April dan Juni.

AS Terus Mengirim Bantuan Ke Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden telah menyerukan paket bantuan militer dan ekonomi senilai $33 miliar AS ke Ukraina. Paket itu akan mencakup lebih dari $20 miliar bantuan militer, termasuk artileri berat, kendaraan lapis baja, pembagian intelijen yang lebih besar, alat perang siber, dan banyak lagi rudal anti-tank dan anti-pesawat. Biden juga mengatakan hal ini bukan pernyataan perang, tetapi hanya untuk membantu Ukraina dalam mempertahankan wilayahnya.

“Kami tidak menyerang Rusia. Kami membantu Ukraina mempertahankan diri dari agresi Rusia,” kata Biden.

Dua Warga Negara Inggris Tewas dan Hilang di Ukraina

Setelah menjadi sukarelawan untuk memperjuangkan Ukraina, seorang warga negara Inggris telah tewas di Ukraina dan yang kedua hilang. Kabar ini telah dikonfirmasi Kantor Luar Negei, menurut laporan tersebut warga Inggris yang tewas itu diketahui adalah Scott Sibley, yang merupakan mantan tentara Inggris yang pernah bertugas di Irak.

Kota Mariupol Sudah DiTinggalkan Tentara Rusia 

Pasukan Rusia telah menyerang pabrik baja Azovstal di kota Mariupol yang terkepung di Ukraina dengan serangan terberat, kata seorang pejabat setempat. Disisi lain, seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan dirinya telah melihat indikasi bahwa beberapa pasukan Rusia meninggalkan Mariupol dan bergerak menuju barat laut, bahkan ketika pertempuran untuk kota pelabuhan Ukraina berlanjut.

Evakuasi di Pabrik Baja Azovstal, Mariupol

Sekjen PBB, Antonio Guterres mengatakan PBB bahwa ia akan melakukan segala kemungkinan untuk mengevakuasi orang-orang dari pabrik baja Azovstal di kota Mariupol, Zelensky menambahkan bahwa dia percaya bahwa hasil yang sukses masih mungkin dalam hal membuka blokir pabrik baja tersebut.

Kebenaran Kabar Rudal Melintasi Yuzhnoukrainsk, Kyiv

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan sedang menyelidiki laporan bahwa sebuah rudal telah terbang langsung di atas pembangkit listrik tenaga nuklir. Direktur Jenderal IAEA, Rafael Grossi mengatakan kepada bahwa rudal itu terbang di atas pabrik di Ukraina selatan pada 16 April. Fasilitas tersebut berada di dekat kota Yuzhnoukrainsk, 350km (220 mil) selatan Kyiv.

Republik Ceko Akan Menggantikan Rusia di badan HAM Terkemuka Dunia

Majelis umum PBB akan memungut voting pada 11 Mei untuk menggantikan Rusia di badan hak asasi manusia terkemuka dunia setelah penangguhan atas tuduhan pelanggaran hak oleh tentara Rusia di Ukraina. Juru bicara Majelis, Paulina Kubiak mengatakan Republik Ceko adalah satu-satunya kandidat untuk kursi di dewan hak asasi manusia yang beranggotakan 47 orang tersebut.

8653 Dugaan Kejahatan Dilakukan Tentara Rusia di Bucha

Jaksa Agung Ukraina telah menyebutkan 10 tentara Rusia yang diduga terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia selama pendudukan selama sebulan di Bucha . Ada sekitar 8.653 dugaan kejahatan perang yang sedang diselidiki, menurut kantor kejaksaan tersebut.

Kunjungan Pertama Sekjen PBB ke Ukraina

Guterres menggambarkan perang itu sebagai “absurditas” di abad ke-21 dalam kunjungannya ke lokasi pembunuhan warga sipil di Borodianka. Gutteres mengunjungi lokasi yang dimana pasukan Rusia dituduh membantai warga sipil sebelum penarikan pasukan mereka, hal ini merupakan pada kunjungan pertamanya ke Ukraina sejak dimulainya invasi.

Ketetapan Uni Eropa Tentang Pembayran Gas Rusia Menggunakan Rubel

Uni Eropa memberikan peringatan kepada perusahaan energi Eropa mematuhi persyaratan Moskow untuk membuka rekening pembayaran dalam rubel dengan Gazprombank dan mengatakan bahwa hal itu merupakan kejahatan. 

Sikap NATO Atas Konflik Rusia vs Ukraina

NATO mengatakan siap untuk mempertahankan dukungannya untuk Ukraina dalam perang melawan Rusia. NATO juga mengatakan akan selalu bersiap dengan segala kemungkinan perang yang akan berlangsung berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal NATO, Jens Soltenberg.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top