Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-59: Invasi Rusia Menjadi-jadi, Ketua PBB Mau Bertemu Putin Minggu Depan

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa invasi yang dilakukan oleh Rusia masih akan terus berlanjut.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 23 April 2022  |  14:41 WIB
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope
Anggota Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina berpartisipasi dalam latihan di bekas pabrik aspal di pinggiran Kyiv, Ukraina, Sabtu (19/2/2022). - Bloomberg/Ethan Swope

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia sudah melakukan serangan ke Ukraina hampir dua bulan lamanya dan hari ini merupakan hari ke-59. Memasuki hari ke-59 ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memperingatkan jika apa yang dilakukan oleh Rusia ke negaranya adalah sebuah permulaan dari invasi mereka ke negara lainnya.

Selain kejadian tersebut, terdapat beberapa kejadian yang ada pada perang atau invasi Rusia ke Ukraina pada hari ke-59 ini. Dilansir dari The Guardian, Sabtu (23/4/22) berikut rangkuman kejadian yang terdapat pada hari ke-59 perang berlangsung.

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari Ini

Zelensky Sebut Rusia Akan Invasi Negara Lainnya

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, telah memperingatkan invasi Vladimir Putin ke Ukraina hanyalah permulaan dan bahwa Moskow memiliki rencana untuk menangkap negara-negara lain setelah seorang jenderal Rusia mengatakan ingin kontrol penuh atas Ukraina selatan.

“Semua bangsa yang seperti kita, percaya pada kemenangan hidup atas kematian harus berjuang bersama kita. Mereka harus membantu kami, karena kami adalah yang terdepan. Dan siapa yang akan datang selanjutnya?” Zelensky mengatakan dalam pidato video pada Jumat malam.

Kuburan Massal Kembali Ditemukan di Luar Mariupol

Dewan kota memposting foto satelit yang disediakan oleh Planet Labs yang menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai kuburan massal berukuran 45 meter kali 25 meter yang dapat menampung setidaknya 1.000 jenazah penduduk Mariupol di luar desa Vynohradne.

Koridor Kemanusian Ke Mariupol Kemungkinan Dibuka Hari Ini

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, mengatakan bahwa ada kemungkinan koridor kemanusiaan dapat dibuka dari Mariupol pada hari Sabtu. Hal ini dirinya beberkan lewat pembicaraan dalam siaran online kepada orang-orang yang menunggu untuk dievakuasi.

Ratusan Warga Sipil Masih Tertahan Di Pabrik Baja Azovstal

Kekhawatiran terus tumbuh untuk ratusan warga sipil yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, dengan kontingen pejuang Ukraina yang tersisa dan bersenjata.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan siap mengizinkan warga sipil meninggalkan pabrik baja jika pasukan Ukraina menyerah. Namun menurut Petro Andryushchenko, penasihat walikota Mariupol, pasukan Rusia terus menjatuhkan bom di pabrik tersebut.

Ketua PBB Direncanakan Bertemu Putin Minggu Depan

Kepala Perserikatan Bangsa-Bangsa, António Guterres, akan bertemu dengan Putin di Moskow minggu depan, dengan tujuan mencari solusi penghentian perang. Guterres juga berencana untuk bertemu dengan Zelensky di Kyiv, PBB mengumumkan. Pembicaraan antara Rusia dan Ukraina terhenti lagi, kata menteri luar negeri Rusia, Sergei Lavrov, pada hari Jumat.

Rusia Laporkan 27 Tentara di Kapal Moskva Masih Hilang

Kementerian pertahanan Rusia telah melaporkan bahwa satu pelaut tewas dan 27 lainnya masih hilang setelah salah satu kapal perang utamanya, kapal penjelajah rudal Moskva , tenggelam pekan lalu di Laut Hitam di selatan pelabuhan Odessa.

AS Harapkan Beberapa Negara Hadiri Pembicaraan Pertahanan Ukraina di Jerman

Militer AS mengharapkan lebih dari 20 negara untuk menghadiri pembicaraan pertahanan yang berfokus pada Ukraina yang akan menjadi tuan rumah di Jerman minggu depan yang sebagian akan fokus pada kebutuhan pertahanan jangka panjang Kyiv, kata Pentagon pada hari Jumat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top