Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

96 Orang Lolos Seleksi Calon Anggota Komnas HAM, Ini Tahapan Selanjutnya

Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027 Makarim Wibisono mengumumkan hasil seleksi administrasi calon anggota Komnas HAM RI.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 19 April 2022  |  12:25 WIB
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia - Istimewa
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027 Makarim Wibisono mengumumkan hasil seleksi anggota Komnas HAM RI. Dia mengatakan ada 96 orang yang lolos tahap administrasi.

"Dari proses pemeriksaan dan verifikasi berkas pansel (panitia seleksi) menyatakan sebanyak 96 orang pendaftar calon anggota Komnas HAM RI lolos seleksi administrasi," kata Makarim dikutip dari YouTube Humas Komnas HAM RI, Selasa (19/4/2022).

Untuk pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes objektif tertulis dan penulisan makalah. Tahapan ini akan dilakukan secara daring pada 13 Mei 2022 dan teknisnya akan diberitahukan pada para peserta melalui akun peserta dan website.

Peserta yang lolos juga akan melakukan tahapan tes dialog publik, psikotes, tes kesehatan, dan wawancara. Sehingga total ada 6 tahapan yang harus dilalui.

"Pelaksanaan tes tersebut akan berlangsung dan difinalisasi sebelum masa jabatan anggota Komnas HAM yang menjabat dari tahun 2017 berakhir pada November 2022," kata Makarim.

Para peserta yang lolos seleksi, imbuhnya, disarankan mengecek mekanisme setiap tahapan melalui aplikasi pendaftaran atau website Komnas HAM RI.

Makarim juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam seleksi calon anggota Komnas HAM RI tersebut. Dia mengatakan masyarakat dapat memberikan masukan dan tanggapan terkait rekam jejak peserta melalui website, email, maupun surat tertulis ke kantor Komnas HAM.

"Masukan dan tanggapan disampaikan melalui website Komnas HAM Indonesia atau secara tertulis berserta identitas diri ke Sekretariat Pansel di kantor Komnas HAM RI," ujarnya.

Selain itu, masukan dari masyaralat juga bisa disampaikan via email ke [email protected] dan [email protected].

Dia pun berharap proses seleksi ini mampu meningkatkan peran Komnas HAM RI sebagai garda terdepan kemajuan dan pengakan HAM di Indonesia.

Setelah pendaftaran dibuka mulai 8 Februari hingga 8 Maret 2022 dan diperpanjang sampai dengan 8 April 2022 tercatat ada 1.536 pendaftar yang membuat akun di aplikasi pendaftaran. Di antara jumlah tersebut terdapat 112 orang yang melengkapi berkas persyaratan.

Dari sisi gender, terdapat 21 pendaftar perempuan dan 91 laki-laki atau sekitar 18 persen perempuan berminat menjadi anggota Komnas HAM RI 2022-2027. Mencermati demografi pendaftar, wilayah domisili terbesar dari Pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Barat 30 orang, DKI Jakarta 29 orang, Jawa Tengah 8 orang, dan Banten 8 orang.

Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM RI juga melihat keterwakilan wilayah luar Jawa terpenuhi karena ada pendaftar berasal dari Aceh hingga Papua.

Kemudian dilihat dari profesi pelamar juga sudah merepresentasikan seluruh segmen target. Pendaftar terbanyak berasal dari kalangan advokat, aktivis, akademisi, pegawai swasta, dan wirausahawan. Ada pula unsur aparat penegak hukum seperti Polisi, Jaksa serta Punawirawan TNI dan Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seleksi komnas ham
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top