Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapan Nuzulul Quran 2022? Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

Nuzulul Quran terjadi pada tanggal 17 Ramadan. Berikut pengertian dan amalan yang bisa dilakukan saat memperingati Nuzulul Quran.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 18 April 2022  |  08:26 WIB
Ilustrasi - Pexels.com
Ilustrasi - Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Nuzulul Quran merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam. Ia adalah momen di mana Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk pertama kalinya.

Dilansir dari NU Online, Nuzulul Quran ini biasanya jatuh pada tanggal 17 Ramadan. Jika ditarik dalam penanggalan masehi tahun ini, maka Nuzulul Quran akan jatuh pada Selasa (19/4/2022) besok.

Lalu, apa saja amalan yang bisa dilakukan pada peringatan Nuzulul Quran ini? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Membaca Alquran

Dikutip dari Kementerian Agama Kanwil Maluku Utara, umat Islam disarankan untuk membaca Alquran untuk memperoleh keutamaan Nuzulul Quran--yang mana meliputi mendapat keberkahan dari Allah SWT, diampuni segala dosanya, serta mendapat pahala berlipat-lipat.

2. Salat Malam

Amalan lain yang bisa dilakukan pada saat Nuzulul Quran adalah salat malam. Anjuran melaksanakan solat pada malam Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar ini tertuang dalam hadis riwayat Bukhari.

"Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,'" (HR. Bukhari).

3. Zikir dan selawat

Selain salat sunah, umat Islam juga dianjurkan untuk berzikir dan berselawat. Dengan berselawat, seseorang akan masuk dalam golongan orang-orang yang dirahmati.

4. Itikaf

Umat muslim juga disarankan untuk melakukan itikaf. Menurut terminologi, itikaf itu sendiri adalah berdiam diri di masjid disertai dengan niat dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT. Biasanya, kegiatan ini dilakukan dengan membaca Alquran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

islam nuzulul quran alquran
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top