Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-54: Ukraina Rebut Setengah Kharkiv, Rusia Ambil Alih Mariupol

Rusia terdorong dari wilayah Kharkiv. Namun, pasukan Rusia di Mariupol berhasil merebut kota Prymorskyi dari Ukraina.
Anggota pasukan pro-Rusia melakukan penggeledahan di sebuah rumah selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko
Anggota pasukan pro-Rusia melakukan penggeledahan di sebuah rumah selama konflik Ukraina-Rusia di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina, Kamis (7/4/2022). REUTERS/Alexander Ermochenko

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina per hari ini sudah memasuki hari ke-54. Pada hari ini, pasukan Ukraina dilaporkan telah membebaskan beberapa desa di dekat Kharkiv dari tentara Rusia dan perlahan-lahan mendorong pasukan Rusia ke arah Kupiansk.

Di sisi lain, Rusia memang berhasil terdorong sebagian dari wilayah Kharkiv. Akan tetapi, Pasukan Rusia di Mariupol berhasil merebut kota Prymorskyi dari Ukraina, dan pasukan Ukraina yang tersisa di Mariupol telah ditarik menuju Azovstal.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Senin (18/4/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Sloboda

Daerah Kharkiv

Pasukan Ukraina dilaporkan telah membebaskan kota Bairak, bagian timur laut dari Kutuzivka dan daerah Lebyazhe, bagian timur Bazalievka. Saat ini tidak jelas bagaimana cara pasukan Ukraina berhasil merebut kota tersebut, kemungkinan besar melalu pertempuran jarak dekat yang dilakukan oleh Brigade Mekanik 92d.

Di sisi lain, menurut penduduk setempat, kota Pecheniky tetap berada di tangan Rusia, dan situasi di kota Kochetok masih belum jelas.

Daerah Luhansk

Di Luhansk, pasukan Rusia telah maju ke selatan Borova dan mencapai pinggiran Lozove. Pasukan Ukraina berhasil menangkis serangan di kota tersebut, akan tetapi pertempuran sengit terjadi antara kedua pasukan di kota tersebut.

Dalam laporan lain, pasukan Ukraina dilaporkan melakukan serangan balik di dekat Kreminna dan mendorong beberapa kilometer pasukan Rusia kearah timur laut. Namun, informasi tersebut masih simpang siur dan belum ada laporan khusus tentang hal ini..

Garis Depan Pryazovia

Daerah Donetsk

Setelah pada hari lalu serangan masiah terjadi di DOnetks. Hari ini, tentara Rusia kembali menembaki kota Avdiivka, bedanya hari ini Rusia menggunakan artileri self-propelled, peluncur roket dan serangan udara untuk melumpuhkan Avdiivka.

Daerah Zaporizhzhia

Di Zaporizhzhia, pasukan Rusia dilaporkan melancarkan serangan ke arah Malynivka. Akan tetapi serangan tersebut dapat dikendalikan oleh pasukan Ukraina, dan situasinya di kota tersebut masih tetap tegang..

Garis Depan Selatan

Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Daerah Kherson

Tidak ada perubahan di kota Kherson, situasi tetap sama dengan hari kemarin. Akan tetapi, Rusia masih menembaki daerah pinggiran sekitar Kherson dan masih menunggu kabar terbaru di sana.

Oblast Dnipropetrovsk

Tidak ada perubahan di kota Dnipropetrovsk, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Mariupol

Di Mariupol, berdasarkan rekaman dan laporan yang tersedia, Rusai berhasil menguasia kota Prymorskyi dan daerah pelabuhan Mariupol dari tangan Ukraina. Di sisi lainya, pasukan Ukraina yang tersisa di Mariupol telah ditarik mundur menuju Pabrik Azovstal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper