Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biden Siap Bertemu dengan Pemimpin Negara Asean pada Mei 2022

Sebelumnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dijadwalkan pada 28 Maret dan 29 Maret, namun akhirnya sekarang ditetapkan berlangsung pada 12 Mei dan 13 Mei.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu dengan para pemimpin negara-negara di Asean pada pertengahan Mei 2022, dengan kemungkinan fokus pada tema meningkatnya kekuatan China.

“Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang semula dijadwalkan pada Maret itu akan menunjukkan komitme Amerika Serikat terhadap Asean", kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan, mengutip CNA, Minggu (17/4/2022).

Menurutnya, pertemuan dengan pemimpin Asean merupakan prioritas utama bagi pemerintahan Biden-Harris untuk menjadi mitra yang kuat dan dapat diandalkan di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, sebelumnya KTT dijadwalkan pada 28 Maret dan 29 Maret, namun akhirnya sekarang ditetapkan berlangsung pada 12 Mei dan 13 Mei.

Pertemuan itu ditunda di tengah laporan bahwa para pemimpin beberapa anggota ASEAN memiliki konflik penjadwalan, dan karena krisis Ukraina terus semakin dalam.

Amerika Serikat telah lama mengatakan bahwa upaya memperkuat hubungannya dengan Asia adalah prioritas kebijakan luar negeri.

Pada 29 Maret, Biden bertemu di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan mengatakan dia ingin memastikan bahwa kawasan itu tetap bebas dan terbuka, sebuah referensi untuk apa yang dilihat AS sebagai upaya China untuk mendominasi kekuatan internasional dan rute perdagangan.

Biden telah berpartisipasi dalam pertemuan puncak secara virtual dengan para pemimpin Asean pada Oktober lalu.

Selama KTT itu, Biden mengumumkan inisiatif untuk memperluas keterlibatan AS dengan Asean mengenai Covid-19, perubahan iklim, pertumbuhan ekonomi, dan banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : CNA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper