Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Salah Identifikasi Pengeroyok Ade Armando, DPR: Polisi Harus Minta Maaf!

Komisi III DPR mendesak pihak kepolisian harus meminta maaf atas kesalahan identifikasi pelaku pengeroyokan Ade Armando.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 14 April 2022  |  14:38 WIB
Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando dikeroyok massa aksi tak dikenal di depan gedung DPR/MPR RI pada Senin (11/4 - 2022). Bisnis
Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando dikeroyok massa aksi tak dikenal di depan gedung DPR/MPR RI pada Senin (11/4 - 2022). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Penyidik Polda Metro Jaya salah mengidentifikasi terduga pelaku pengeroyokan dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando.

Sistem face recognition yang digunakan Polda Metro sebagai dasar penangkapan, ternyata tidak akurat dan salah mengidentifikasi Abdul Manaf sebagai pelaku pengeroyokan tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut, Anggota Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa menilai pihak kepolisian harus meminta maaf atas kesalahan tersebut.

"Pastinya diinternalnya ada evaluasi, terhadap orang yang salah disebut [pihak kepolisian] harus minta maaf karena bisa dikategorikan sebagai pencemaran atau perbuatan tidak menyenangkan," kata Desmond di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan bahwa Abdul Manaf tidak terlibat pengeroyokan Ade Armando saat aksi mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR RI Jakarta Pusat, Senin (11/4).

"Kita temukan keberadaanya di Karawang sekarang tim sudah di sana, sudah menemukannya. Setelah kita lakukan pencocokan, pemeriksaan awal ternyata Abdul Manaf itu tidak terlibat," kata Zulpan, Rabu (13/4/2022).

Zulpan juga mengatakan bahwa teknologi face recognition Polda Metro Jaya saat mengidentifikasi salah satu pelaku pengeroyokan tidak akurat 100 persen karena pelaku mengenakan topi.

Kesimpulan bahwa Abdul Manaf tidak terlibat dalam kasus pengeroyokan terhadap Ade Armando juga diperkuat dengan pemeriksaan terhadap alibi yang bersangkutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri polda metro jaya pengeroyokan ade armando
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top