Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa dan Zikir Setelah Salat Witir Tarawih di Bulan Ramadan

Setelah salam dari salat Witir, kita dianjurkan untuk tidak segera bangun meninggalkan lokasi tapi membaca doa.
Salat tarawih
Salat tarawih

Bisnis.com, JAKARTA - Salat witir adalah salat yang menutup salat sunah.

Setelah salam dari salat Witir, kita dianjurkan untuk tidak segera bangun meninggalkan lokasi. Kita dianjurkan untuk membaca doa dan wirid sejenak sebagaimana keterangan berikut ini:  

??????? ???? ??????? ?????? ????????? ??????? ???????? ????????? ????????? ??????????? ?????? ??????? ?????????? ????? ??????? ???????? ???? ??????? ??????????????? ???? ?????????? ????????? ??? ????? ??? ??????? ??????? ??????? ?????? ????? ????????? ????? ???????  

Artinya, “Seseorang dianjurkan setelah shalat witir membaca tiga kali, ‘Subhanal malikil quddus,’ kemudian membaca, ‘Allahumma ini a‘udzu bi ridhaka min sakhathika, wa bi mu‘afatika min ‘uqubatika. Wa a‘udzu bika minka, la uhshi tsana’an alayka anta kama atsnayta ‘ala nafsika,’” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 101).  

Adapun susunan bacaan setelah selesai shalat Witir adalah sebagai berikut:  

1. Syahadat.   Asyhadu an la ilaha illallah.  

Artinya, “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.”  

2. Istighfar.   Astaghfirullah.   Artinya, “Aku memohon ampunan Allah.”  

3. Permohonan ridha dan surga Allah.   Allahumma inni as’aluka ridhaka wal jannah, wa a‘udzu bika min sakhathika wan nar.   Artinya, “Tuhanku, aku memohon ridha dan surga-Mu. Aku juga berlindung kepada (rahmat)-Mu dari murka dan neraka-Mu.”  

4. Poin 1-3 diulang sebanyak 3 kali.  

5. Tasbih (3 kali).  Subhanal malikil quddus.   Artinya, “Mahasuci Tuhan yang kudus,” (HR An-Nasa’i dan Ibnu Majah).  

6. Pujian kesucian.  Subbuhun, quddusun, rabbuna wa rabbul mala’ikati war ruh.  

Artinya, “Suci dan qudus Tuhan kami, Tuhan para malaikat dan Jibril,” (HR Al-Baihaqi dan Ad-Daruqutni). 

7. Pujian atas keluasan ampunan (3 kali).  Allahumma innaka ‘afuwwun karimun tuhibbul ‘afwa, fa‘fu ‘anni.   Artinya, “Tuhanku, sungguh Kau maha pengampun lagi pemurah. Kau menyukai ampunan, oleh karenanya ampunilah aku.”  

8. Pujian atas kemurahan dan kasih-sayang Allah.    Ya karimu, bi rahmatika ya arhamar rahimina.  

Artinya, “Wahai Zat yang maha pemurah, (aku memohon) atas berkat rahmat-Mu, wahai Zat yang paling penyayang dari segenap penyayang.”  

9. Permohonan ampunan dan keselamatan.   Allahumma ini a‘udzu bi ridhaka min sakhathika, wa bi mu‘afatika min ‘uqubatika. Wa a‘udzu bika minka, la uhshi tsana’an alayka anta kama atsnayta ‘ala nafsika.  

Artinya, “Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).   

10. Doa setelah shalat pada umumnya.  

11. Doa shalat witir.

  ??????????? ?????? ?????????? ?????????? ???????? ???????????? ??????? ???????? ???????????? ??????? ???????? ???????????? ????????? ???????? ???????????? ??????? ???????? ???????????? ??????? ???????? ???????????? ??????? ????????? ???????????? ????????? ?????????????? ???????????? ??????? ???????????? ???????????? ????????? ????? ???????????? ???????????? ???????? ???? ???????? ??????????? ???????? ????????? ?????? ?????????? ???????????? ???????????? ????????????? ?????????????? ?????????????? ????????? ????????????? ??? ?????? ??????????? ?????????????? ???????? ????? ????? ?????? ???????? ?????????? ????????? ??????? ????? ????????????? ???????????? ??????????? ????? ????? ??????????????  

Artinya, "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”  

12. Surat Al-Fatihah.  

13. Doa pendek penutup.  

14. Niat puasa Ramadhan.    Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana lillâhi ta‘âlâ.  

Artinya, “Aku berniat untuk berpuasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.”  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper