Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-34: Rusia Masih Utamakan Serangan ke Donbas

Pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di sepanjang garis Motyzhyn. Jumlah korban jiwa terus bertambah.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  12:50 WIB
Petugas darurat Ukraina bekerja di sisi rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu (9/3/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung. - Istimewa
Petugas darurat Ukraina bekerja di sisi rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu (9/3/2022). Serangan Rusia telah merusak parah sebuah rumah sakit bersalin di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Serangan Rusia ke Ukraina sudah masuk hari ke-34. Situasi paling kritis bagi pasukan Ukraina berada di Donbas, terutama kota Izium dan Mariupol. Garis depan lainnya tetap agak stabil dan pasukan militer Ukraina telah melakukan serangan balasan lokal ke daerah-daerah yang telah dibebaskan.

Selain itu, dalam hari ke-34 ini para delegasi dari Ukraina dan Rusia sudah mendarat di Istanbul, Turki untuk melakukan perundingan damai antara kedua negara tersebut.

Dilansir dari Military Land, Selasa (29/3/22) pasukan Rusia sudah memasuki beberapa wilayah dari Ukraina, berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Polandia

  • Daerah Kiev

Pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di sepanjang garis Motyzhyn, Lychanka, Schottky, Petrushky, Lisne dan Dmytrovka. Pasukan Ukraina dilaporkan berhasil menangkis serangan tersebut. Walikota Irpin mengumumkan pembebasan kota secara penuh pada sore hari.

  • Daerah Zhytomyr

Tidak ada perubahan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Utara

  • Daerah Chernihiv

Pasukan Rusia yang ditempatkan di Snovks mundur ke seberang sungai di dekatnya dan meledakkan jembatan di belakang mereka. Pejabat Ukraina melaporkan beberapa jembatan lagi dihancurkan hari ini di Oblast Chernihiv oleh pasukan Rusia. Chernihiv menjadi sasaran penembakan sepanjang hari.

  • Daerah Sumy

Ukraina mengevakuasi warga sipil dan personel militer yang terluka dari Trostianec ke sebuah rumah sakit di Sumy. Ini menunjukkan bahwa jalan antara Trostianets dan Sumy aman dan pengepungan Rusia terhadap Sumy tidak ada lagi.

Garis Depan Sloboda

  • Daerah Kharkiv

Pasukan Ukraina telah meluncurkan operasi stabilisasi di sekitar Chuhuiv. Pasukan Rusia terus menyerang posisi Ukraina di dekat Izium, yaitu di Topolske, Kamyanka dan Tykhotske. Elemen ujung tombak menuju Slovyansk dan Barvinkove dilaporkan telah dihentikan oleh pasukan Ukraina.

  • Daerah Luhansk

Pasukan Rusia terus menyerang Rubizhne, Lysychansk dan Popasna tanpa hasil.

Garis Depan Pryazovia

  • Daerah Donetsk

Pasukan Rusia berusaha menerobos garis di dekat Vuhledar dan Solodke. Pasukan Ukraina menangkis serangan itu. Artileri musuh bekerja di dekat Pisky, Svitlodarsk dan Marinka. Pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di dekat Niu-York dan berusaha menerobos garis, tanpa hasil.

  • Daerah Zaporizhzhia

Tentara Rusia mengebom Stepnohirsk dan Huliaipole. Dewan regional Zaporizhzhia mengkonfirmasi bahwa Fedorivka dan pemukiman terdekat berada di bawah kendali Rusia.

Garis Depan Selatan

  • Daerah Mykolaiv

Tidak ada perubahan di lapangan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

  • Daerah Kherson

Pasukan Rusia menyerang posisi Ukraina di dekat Blaodatne, tetapi tidak berhasil. Artileri Ukraina menargetkan Chornobaivka di dekat Kherson.

Mariupol

Tentara Rusia mengebom Stepnohirsk dan Huliaipole. Dewan regional Zaporizhzhia mengkonfirmasi bahwa Fedorivka dan pemukiman terdekat berada di bawah kendali Rusia. Mariupol masih menjadi sasaran utama dari serangan Rusia pada beberapa hari terakhir serangan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia militer Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top