Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari ke 31 Perang Rusia Ukraina, Tepat Vladimir Putin Hari Pertama Jadi Presiden Rusia 22 Tahun Lalu

Vladimir Putin merupakan presiden dengan masa jabatan terlama kedua di Eropa setelah Alexander Lukashenko yang merupakan Presiden Belarus.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Maret 2022  |  07:24 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reutersrn
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan dengan mahasiswa melalui panggilan konferensi video di kediaman negara di Zavidovo, Rusia 25 Januari 2021. - Antara/Reutersrn

Bisnis.com, JAKARTA - Di hari perang Rusia Ukraina yang ke 30, Vladimir Putin sekaligus menandakan tahun ke 21 nya menjadi presiden di negara Beruang Merah itu.

Dia pertama kali terpilih menjadi presiden Rusia tepat hari ini, 26  Maret 2000 lalu.

Dia merupakan presiden dengan masa jabatan terlama kedua di Eropa setelah Alexander Lukashenko yang merupakan Presiden Belarus.

Putin kemudian dilantik menjadi Presiden Rusia sejak 7 Mei 2000.

Putin memenangkan pemilihan presiden 2000 dengan perolehan suara sejumlah 52% sampai 30%, mengalahkan lawannya dari Partai Komunis, Gennady Zyuganov. Dia terpilih kembali menjadi Presiden pada 2004 dengan perolehan suara sejumlah 72%.

Karena secara konstitusional memandatkan batas-batas masa jabatan, Putin tidak maju untuk masa jabatan presiden berturut-turut pada 2008. Pemilihan presiden 2008 dimenangkan oleh Dmitry Medvedev, yang melantik Putin menjadi Perdana Menteri.

Pada September 2011, setelah masa jabatan presiden berlangsung dari empat sampai enam tahun, Putin mengumumkan bahwa dia akan siap untuk masa jabatannya sebagai presiden. Dia memenangkan pemilihan presiden Maret 2012 dengan 64% suara, sebuah hasil yang sesuai dengan jajak pendapat pra-pemilihan.

Putin memenangkan pemilihan presiden 2018 dengan lebih dari 76% suara. Masa jabatan keempatnya dimulai pada 7 Mei 2018, yang akan berlangsung hingga 2024.

Pada hari yang sama, Putin mengundang Dmitry Medvedev untuk membentuk pemerintahan baru.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia vladimir putin putin ekonomi rusia Perang Rusia Ukraina
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top