Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Hari Ini, Klub Real Madrid Pertama Kali Didirikan

Didirikan pada tahun 1902 sebagai Madrid Football Club, secara tradisional mengenakan kostum kandang putih. Kata Real ("dari kerajaan") Spanyol dan dianugerahkan ke klub oleh Raja Alfonso XIII pada tahun 1920 bersama-sama dengan mahkota kerajaan di lambang klub.
Real Madrid
Real Madrid

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, 6 Maret 1902 lalu, klub sepak bola papan atas Spanyol Real Madrid didirikan. 

Real Madrid, adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Madrid, Spanyol.

Didirikan pada tahun 1902 sebagai Madrid Football Club, secara tradisional mengenakan kostum kandang putih. Kata Real ("dari kerajaan") Spanyol dan dianugerahkan ke klub oleh Raja Alfonso XIII pada tahun 1920 bersama-sama dengan mahkota kerajaan di lambang klub. Klub ini telah memainkan pertandingan kandang di Stadion Santiago Bernabéu dengan kapasitas 85.454 di pusat kota Madrid sejak tahun 1947.

Klub ini merupakan salah satu klub sepak bola terkaya di dunia dalam hal pendapatan, senilai €757,3 juta dan total aset yang senilai €3,8 miliar (atau $4,2 miliar) di 2019.[4][5] Ini adalah salah satu dari tiga klub untuk tidak pernah terdegradasi dari papan atas sepak bola Spanyol, bersama dengan Athletic Bilbao dan Barcelona. Real Madrid memiliki banyak persaingan lama, terutama El Clásico dengan Barcelona dan El Derbi madrileño dengan Atlético Madrid.

Klub ini memantapkan dirinya sebagai kekuatan utama dalam sepak bola Spanyol dan Eropa selama tahun 1950. Di dalam negeri, Klub ini juga merupakan salah satu klub terbaik abad ke-20 menurut FIFA. Klub ini menjuarai Liga Champions 3 musim berturut-turut dibawah kepelatihan Zinedine Zidane dan dengan mesin golnya yaitu pemain terbaik dunia Cristiano Ronaldo.

Dalam kompetisi domestik, klub ini telah meraih 34 gelar La Liga (rekor), 19 gelar Piala Raja Spanyol, 11 Piala Super Spanyol, 1 Copa Eva Duarte, 1 Copa de la Liga,[6]. Di kompetisi tingkat Eropa dan Dunia, klub ini telah meraih 13 gelar Piala Champions Eropa/Liga Champions UEFA (rekor), 2 Piala UEFA, 4 Piala Super UEFA, dan 7 kejuaraan dunia antar klub (3 Piala Interkontinental dan 4 Piala Dunia Antarklub FIFA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper