Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Melarikan Diri? Cek Faktanya

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunggah videonya tengah berada di Kyiv. Benarkah Zelensky telah menerima tawaran evakuasi Amerika?
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah  tuduhan melarikan diri
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membantah tuduhan melarikan diri

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunggah video melalui Instagram pribadinya @zelensky_official yang menunjukkan dirinya berada di kantor Kyiv.

Video kedua yang diunggah sejak pecahnya perang Rusia dan Ukraina ini di untuk menunjukkan bahwa dirinya tidak melarikan diri seperti yang tersebar di media Rusia.

Melalui Instagram-nya, Zelensky mengunggah video berdurasi 38 detik yang menunjukkan kantor Kyiv-nya dan seorang pejabat duduk di sana. "Saya di Kyiv. Saya bekerja di sini. Tidak ada yang melarikan diri," tulisnya.

Melawan rumor tersebut, presiden Ukraina merilis video selfie dan mengatakan bahwa dia tidak akan meninggalkan Ukraina.

Sebelumnya, media Rusia memberitakan bahwa Zelensky melarikan diri ke Polandia sejak 2 Maret, sebelum parlemen mengadakan pertemuan rahasia di tengah meningkatnya serangan pasukan Rusia. Politisi Rusia Vyacheslav Volodin mengklaim Zelensky melarikan diri karena dia tidak dapat dijangkau oleh anggota parlemen Ukraina.

Rumor ini pun membuat publik heboh dan beberapa orang menyebut bahwa Zelensky sebenarnya telah menerima tawaran evakuasi Amerika Serikat (AS).

Dalam video tersebut Zelensky juga membantah adanya tawaran evakuasi dari AS yang menyebutkan dia menginginkan bantuan senjata.

Ukraina telah berusaha menjaga kerahasiaan tentang lokasi dari presiden demi keamanan. Menurut laporan, Zelensky telah lolos setidaknya tiga upaya pembunuhan dalam seminggu terakhir. Tentara bayaran dari Grup Wagner yang didukung Kremlin dan pasukan khusus Chechnya dikirim untuk membunuh Zelensky, tetapi gagal karena pasukan Ukraina telah mendapatkan info tersebut.

Meskipun Zelensky telah menunjukkan kantornya di Kyiv, dia masih tetap dalam persembunyian dengan merilis pesan video yang ditujukan kepada rekan senegaranya. Zelensky mengecam keputusan NATO untuk tidak menerapkan zona larangan terbang di atas Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper