Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia Ukraina Hari Ke-9, Terbakarnya Pembangkit Nuklir, Hingga Zelenskyy Ingin Bertemu Putin

Pasukan Rusia mulai mengendalikan gedung-gedung pemerintah lokal dan regional di pelabuhan Kherson, Ukraina di Laut Hitam yang merupakan tempat strategis.
Asap dan api terlihat di Kyiv saat Rusia melanjutkan invasi ke Ukraina, Sabtu (26/2/2022). REUTERS/Gleb Garanich
Asap dan api terlihat di Kyiv saat Rusia melanjutkan invasi ke Ukraina, Sabtu (26/2/2022). REUTERS/Gleb Garanich

Bisnis.com, JAKARTA – Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari kesembilan, beberapa kejadian terjadi di perang hari kesembilan  ini, berikut rangkumannya.

Pada hari kesembilan ini, dilansir dari The Guardian, Jumat (4/3/22) Sedikitnya 33 warga sipil tewas dalam serangan udara Rusia di daerah pemukiman di kota utara Chernihiv, kata pihak berwenang Ukraina. 

Dengan bertambahnya efektifitas serangan Rusia ke Ukraina, membuat banyaknya korban dan kerugian yang didapatkan oleh Ukraina. Selain itu, terdapat juga beberapa peristiwa yang terjadi pada perang hari kesembilan  ini antara Rusia dan Ukraina. Berikut ringkasannya yang dikutip dari The Guardian.

Terbakarnya Pembangkit Tenaga Nuklir Terbesar di Eropa

Kebakaran terjadi di pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa yang terletak di Zaporizhzhya. Hal tersebut terjadi akibat serangan yang dilakukan oleh Rusia ke wilayah pembangkit tersebut. 

Ukraina Menuduh Rusia Melakukan Teror Nuklir

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia melakukan "teror nuklir”. Sementara, PM Inggris Boris Johnson mengatakan pasukan Putin "sembrono". Meskipun tidak ada korban tewas dalam kobaran api, tetapi kebakaran di pembangkit nuklir Zaporizhzhya  ini membuat situasi semakin buruk.

Pasukan Rusia Mulai Masuk Lewat Laut Hitam

Pasukan Rusia mulai mengendalikan gedung-gedung pemerintah lokal dan regional di pelabuhan Kherson di Laut Hitam yang merupakan tempat strategis. Pasukan Rusia tampaknya bergerak untuk memotong Ukraina dari laut melalui pelabuhan-pelabuhan utama di selatan, mengklaim penangkapan Kherson dan memperketat pengepungan Mariupol. 

Volodymyr Zelenskiy Desak Bertemu Dengan Putin

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, telah mendesak untuk berbicara  langsung dengan pemimpin Rusia, Vladimir Putin, hal ini dirinya lakukan sebagai cara untuk menghentikan peran. Berbicara pada konferensi pers, Zelenskiy meminta barat untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina, memperingatkan bahwa seluruh Eropa akan berada di bawah ancaman jika Rusia diizinkan untuk maju .

Ukraina dan Rusia sepakat membuat koridor kemanusiaan

Ukraina dan Rusia sepakat untuk membuat koridor kemanusiaan untuk mengevakuasi warga sipil dalam pembicaraan putaran kedua pada Kamis sore, tetapi penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan hasil pembicaraan tidak sesuai dengan harapan Ukraina .

BBC Diblokir Rusia

BBC telah diblokir di dalam Rusia , menurut GlobalCheck, yang melacak sensor internet. Itu terjadi setelah UE memblokir situs media milik pemerintah Rusia, Sputnik dan RT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper