Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

1 Maret Resmi Jadi Hari Penegakan Kedaulatan Negara, Ini Alasannya

Hari Penegakan Kedaulatan Negara ditetapkan oleh Jokowi melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 01 Maret 2022  |  07:25 WIB
1 Maret Resmi Jadi Hari Penegakan Kedaulatan Negara, Ini Alasannya
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Rabu (9/2 - 2022), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat / BPMI Setpres
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo resmi menetapkan 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022.

Meski begitu, dijelaskan pula dalam Keppres tersebut bahwa hal tersebut tidak menjadikan 1 Maret sebagai hari libur nasional.

"Kesatu [Keppres] menetapkan 1 Maret [menjadi] Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Kedua, Hari Penegakan Kedaulatan Negara bukan merupakan hari libur,” demikian bunyi Keppres Nomor 2 Tahun 2022, dilansir laman Kementerian Sekretariat Negara pada Selasa (1/3/2022).

Sementara itu, diusulkannya 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara ini sendiri didasarkan peristiwa bersejarah pada tahun 1949, yakni Serangan Umum 1 Maret.

Seperti yang diketahui, peristiwa tersebut merupakan upaya perlawanan dari rakyat, TNI, Polri, dan gerilyawan untuk memukul mundur tentara Belanda dari Yogyakarta.

Di sisi lain, dikutip dari Tempo, Jokowi memiliki beberapa alasan atas penetapan Hari Penegakan Kedaulatan Negara yang jatuh pada awal Maret ini.

Pertama, setelah Proklamasi Kemerdekaan, Indonesia masih mendapat perlawanan dari Belanda dalam memperoleh pengakuan kedaulatan dari dunia internasional. Di sini, Belanda masih gencar melakukan agresi militer dan propaganda politik di PBB.

Kedua, peristiwa Serangan Umum 1 Maret l949 memiliki peran yang penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang mana mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Indonesia di dunia internasional.

Oleh karenanya, kemudian ditetapkanlah tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Di samping sebagai penanaman kesadaran akan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa, keberadaannya dimaksudkan untuk memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi keppres
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top