Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Andi Widjajanto: Timses Jokowi Kini Jadi Gubernur Lemhanas

Andi Widjajanto dikenal dekat dengan pemerintahan Jokowi, dia adalah bekas Sekretaris Negara dan anak dari politikus senior PDIP Theo Syafei.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  12:15 WIB
Andi Widjajanto meninggalkan kantor Setkab menggunakan Mini Cooper setelah Presiden Joko Widodo mencopot jabatannya digantikan oleh Pramono Anung, Rabu (12/8/2015). - JIBI/Akhirul Anwar
Andi Widjajanto meninggalkan kantor Setkab menggunakan Mini Cooper setelah Presiden Joko Widodo mencopot jabatannya digantikan oleh Pramono Anung, Rabu (12/8/2015). - JIBI/Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melantik Andi Widjajanto Gubernur Lemhanas yang baru pada hari ini, Senin, (21/2/2022).

Dikutip dari laman lembaga kajian LAB 45, Andi Widjajanto yang merupakan Koordinator LAB 45 dengan konsentrasi kajian pertahanan, hubungan internasional, dan keamanan siber. 

Andi tercatat pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet di masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (2014-2015). 

Sejak 2016, alumnus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia ini diangkat menjadi Penasihat Senior Kepala Staf Kepresidenan sejak 2016.

Andi juga mempelajari studi hubungan internasional dan pertahanan di School of Oriental and African Studies (SOAS), London School of Economics and Political Science (LSE), National Defense University di Washington D.C., dan S. Rajaratnam School of International Studies (RSIS) di Singapura.

Jokowi dan PDIP

Selain pernah menjabat posisi strategis dalam pemerintahan Joko Widodo. Andi tercatat memiliki kedekatan dengan PDI Perjuangan. Andi adalah anak dari Mayjen Purn Theo Syafii, seorang jenderal pasukan khusus yang juga politikus senior PDIP.

Andi juga pernah terlibat langsung dalam pencalonan Jokowi sebagai Presiden RI. Dia bahkan telah terlibat langsung dalam pemenangan Jokowi dalam pilpres 2014 dan Pilpres 2019 lalu.

Keterlibatannya dalam proses pemenangan itu pula pada periode pertama pemerintahan Jokowi Andi sempat duduk di Kantor Staf Presiden (KSP) dan Sekretariat Kabinet, sebelum akhirnya posisinya kemudian digeser oleh politkus PDIP Pranomo Anung.

Meski lengser, banyak pihak menyebut Andi adalah salah satu orang di belakang layar dan cukup berpengaruh di lingkaran Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pdip lemhanas
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top