Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! DPR Tetapkan Anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027

DPR telah resmi menetapkan 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu periode 2022-2027 pada rapat paripurna yang digelar pada hari ini Jumat 18 Februari 2022.
Suasana Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/10)./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay
Suasana Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/10)./ANTARA-Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - DPR RI telah resmi menetapkan 7 anggota KPU dan 5 anggota Bawaslu periode 2022-2027 pada rapat paripurna yang digelar pada hari ini Jumat (18/2) di Gedung DPR RI, Jakarta.

Selanjutnya, 7 nama anggota KPU dan 5 nama anggota Bawaslu itu akan disetorkan DPR kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik dan disahkan.

Penetapan anggota KPU-Bawaslu 2022-2027 itu dilakukan setelah Ketua DPR Puan Maharani sebagai pimpinan rapat paripurna menanyakan kepada seluruh anggota DPR yang hadir baik secara online dan offline apakah semuanya menyetujui nama-nama tersebut.

"Apakah laporan Komisi II terkait calon KPU dan Bawaslu itu dapat disetujui?," kata Puan di Gedung DPR, Jumat (18/2/2022).

Selanjutnya ratusan anggota DPR yang menghadiri rapat paripurna itu menjawab setuju, kemudian Puan langsung mengetuk palu sidang paripurna sebagai bentuk pengesahan.

"Setuju," jawab peserta sidang paripurna.

Diberitakan sebelumnya, Komisi II DPR RI telah menetapkan 7 nama Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 5 anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 pada Kamis (17/2).

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, setelah melalui serangkaian proses dialog dan perdebatan yang panjang, akhirnya diputuskan anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027. Pemilihan anggota KPU dan Bawaslu ini berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu dari pertimbangan objektif hingga pertimbangan politik.

Dia mengatakan, Komisi II melihat integritas, kapasitas kepemiluan, leadership, kemampuan membangun komunikasi, inovasi, kreativitas, hingga aspek kesehatan fisik dan mental calon anggota KPU dan Bawaslu. Komisi II menilainya sejak dari awal proses seleksi di panitia seleksi, hingga dalam proses uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Berikut ini 7 nama Komisioner KPU dan 5 Anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027 terpilih:

KPU:

1. Betty Epsilon Idroos

2. Hasyim Asy'ari

3. Mochammad Afifuddin

4. Parsadaan Harahap

5. Yulianto Sudrajat

6. Idham Holik

7. August Mellaz

Bawaslu:

1. Lolly Suhenty

2. Puadi

3. Rahmat Bagja

4. Totok Hariyono

5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper