Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow! Lebih Cepat dari PCR, Tes Covid-19 Terbaru Cukup 4 Menit

Ilmuwan China berhasil mengembangkan perangkat tes Covid-19 yang memberikan hasil akurat hanya dalam empat menit.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 10 Februari 2022  |  09:53 WIB
Seorang staf menaruh alat uji asam nukleat di pabrik Luoyang Ascend Biotechnology Co., Ltd di Luoyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Maret 2020. - Xinhua/Li Jianan
Seorang staf menaruh alat uji asam nukleat di pabrik Luoyang Ascend Biotechnology Co., Ltd di Luoyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Maret 2020. - Xinhua/Li Jianan

Bisnis.com, JAKARTA – Ilmuwan China berhasil mengembangkan perangkat tes Covid-19 yang memberikan hasil akurat hanya dalam empat menit. Alat tes ini diklaim memiliki keakuratan seperti polymerase chain reaction (PCR), tapi hasilnya bisa diketahui secepat rapid test.

Journal Nature Biomedical Engineering menerbitkan hasil penelitian ini pada 7 Februari 2022. Peneliti dari Universitas Fudan di Shanghai mengatakan jika dikembangkan lebih lanjut, perangkat mereka dapat digunakan untuk pengujian di bandara, klinik, unit gawat darurat, dan rumah.

Berbeda dengan tes PCR yang saat ini digunakan, sampel tidak memerlukan analisis laboratorium yang memakan waktu. Hal ini karena para peneliti tersebut berinovasi sehingga tes dilakukan tanpa perlu ekstraksi RNA atau amplifikasi asam nukleat.

Dalam penelitiannya, mereka menerapkan biosensor elektromekanis untuk mendeteksi SARS-CoV-2 ke dalam perangkat prototipe terintegrasi dan portable. Hasil menunjukkan bahwa perangkat tersebut berhasil mendeteksi RNA SARS-CoV-2 dalam waktu kurang dari empat menit di semua sampel nasofaring dari 33 pasien Covid-19.

Para peneliti mengatakan perangkat uji baru menggunakan komponen mekanis kecil yang terbuat dari DNA yang dikombinasikan dengan mikroelektronika untuk mendeteksi materi genetik dalam sampel swab dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Perangkat terhubung ke komputer atau smartphone untuk menunjukkan hasil.

"[Tes] mungkin menguntungkan karena menawarkan deteksi cepat asam nukleat Sars-Cov-2, pengoperasian yang mudah, sensitivitas dan spesifisitas tinggi, dan portabilitas," tulis tim peneliti seperti dikutip dalam South China Morning Post, Senin (7/2/2022).

Peneliti berharap alat yang menggunakan prinsip molecular electromechanical system (MolEMS) ini dapat memungkinkan diagnosis penyakit lain di luar Covid-19 yang sangat tepat dalam beberapa menit. Tak perlu pemurnian target, amplifikasi, atau kultur, yang biasanya membutuhkan waktu berjam-jam atau berhari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Covid-19 Rapid Test PCR
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top