Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HPN 2022, Jokowi: Pers Jadi Panduan di Tengah Belantara Informasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia pada Rabu, 9 Februari 2022.

Jokowi mengatakan bahwa pers menjadi panduan dan pegangan bagi masyarakat untuk memperoleh sumber informasi terpercaya di tengah derasnya informasi dan berita.

"Berita dan informasi datang silih berganti, tak kenal ruang dan waktu. Sebuah kabar belum tuntas dicerna, telah muncul kabar baru dari berbagai penjuru. Di tengah belantara informasi ini, kita punya pegangan dan panduan yaitu pers nasional sebagai sumber informasi terpercaya," ujar Jokowi dikutip dari akun Twitternya @jokowi, Rabu (9/2/2022).

Seperti diketahui, Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari. Adapun, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 digelar di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (9/2).

Awalnya, Presiden Jokowi bakal menghadiri langsung puncak acara peringatan HPN 2022 di Kendari. Namun, rencana tersebut batal karena melonjaknya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Deputi Biro Protokol Media Istana Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Presiden Jokowi akan tetap membuka peringatan HPN, tapi dilakukan secara virtual dari Istana Negara di Jakarta.

“Presiden tetap hadir di acara HPN, tetapi secara virtual," kata Bey saat dihubungi Bisnis, Senin (7/2/2022).

Bey menjelaskan, kasus Covid-19 yang kian menanjak membuat Presiden Jokowi membatalkan kedatangannya ke Kendari, Sulawesi Tenggara.

“Jadi karena adanya lonjakan kasus harian Covid-19, beberapa kegiatan dialihkan secara virtual, tetapi untuk [kegiatan] yang tidak bisa dilakukan secara virtual, ditunda dulu hingga kasus Covid-19 melandai kembali,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, bahwa Presiden Jokowi akan menghadiri HPN 2022 secara virtual mengingat makin meningkatnya jumlah kasus Covid-19.

“[Kehadiran Presiden] saat ini menyesuaikan dengan kondisi terkini bahwa adanya lonjakan Covid-19 , sehingga kehadiran beliau dialihkan melalui virtual,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Senin (7/2/2022).

Sekadar informasi, rangkaian kegiatan peringatan HPN 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara diselenggarakan mulai 6—9 Februari 2022. Adapun, Gubernur Sultra Ali Mazi telah membuka pameran HPN sekaligus pameran UMKM di lokasi eks MTQ Kendari pada Sabtu (7/2) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper