Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buka B20 Inception Meeting 2022, Jokowi Ajak G20 dan B20 Kolaborasi

Jokowi mengatakan bahwa komunitas B20 akan memberikan tawaran-tawaran konkret yang bisa mendukung pemulihan ekonomi global.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 Januari 2022  |  22:01 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato pada World Economic Forum, Kamis (20/01/2022), secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. - Foto: BPMI Setpres - Muchlis Jr.\r\n
Presiden Jokowi saat berpidato pada World Economic Forum, Kamis (20/01/2022), secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. - Foto: BPMI Setpres - Muchlis Jr.\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka B20 Inception Meeting 2022 dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan bahwa komunitas B20 akan memberikan tawaran-tawaran konkret yang bisa mendukung pemulihan ekonomi global.

"Presidensi G20 Idonesia mengajak G20 dan B20 untuk berkolaborasi menciptakan terobosan dan aksi nyata untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi global," ujarnya dikutip dari YouTube B20 Indonesia 2022, Kamis (27/1/2022).

Sementara itu, B20 Indonesia Chair Shinta Kamdani mengatakan, B20 merupakan forum pemimpin bisnis yang menyumbang 80 persen dari PDB dunia.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami, Indonesia untuk memimpin dialog B20 tahun ini. Kami berkomitmen memberikan kontribusi nyata memberantas krisis yang disebabkan oleh pandemi, meningkatkan kolaborasi dan menstimulasi arus investasi global," kata Shinta.

Lebih lanjut, Shinta menambahkan, pada tahun ini B20 Indonesia menyambut 2.000 anggota di mana 37 persen di antaranya pemimpin perempuan.

Dia berharap B20 dapat merekomendasikan perubahan yang diperlukan serta melaksanakan transformasi yang dipimpin sektor swasta agar ekonomi lebih tangguh, inklusif, dan berkelanjutan menyambut era new normal.

Menurutnya, selama dua tahun terakhir merupakan masa yang tidak mudah bagi semua pihak kar3na Covid-19 telah merenggut 5 juta jiwa dan menginfeksi 5 persen populasi dunia.

Namun, sambumhnya, keberadaan vaksin Covid-19 yang diberikan secara masif diyakini akan mendukung pemulihan global yang hingga kini belum merata.

"Jadi landasan utama B20 adalah advancing, inovatif, inclusive, colaborative growth seiring dengan tema G20 recover together, recover stronger," ujar Shinta.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi g20
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top