Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenkes Pastikan 87 Jamaah Umrah Positif Covid-19, Sepuluh Probable Omicron

Juru Bicara Kementerian Kesehatan mengungkapkan ada 87 jamaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19, sepuluh di antaranya probable Omicron.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 19 Januari 2022  |  14:26 WIB
Kemenkes Pastikan 87 Jamaah Umrah Positif Covid-19, Sepuluh Probable Omicron
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umrah dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan ada 87 jamaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19, sepuluh di antaranya probable Omicron.

“Iya dari data ada 87 kasus positif dari jamaah umrah, tadinya ada 28 orang. Sepuluh yang probable Omicron,” kata Nadia saat dikonfirmasi Bisnis, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya,  Konsul Haji dan Umrah Konsulat Jendera RI (KJRI) di Jeddah, Endang Jumali, mengatakan ada 28 jemaah WNI positif Covid-19 usai melaksanakan ibadah umrah di Arab Saudi.

Jemaah yang positif Covid-19 itu merupakan perwakilan pimpinan agen perjalanan.

Kabar ini muncul setelah setidaknya 13 anggota Tim Advance dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terpapar Covid-19 seusai pulang dari Arab Saudi.

Endang menuturkan, sebanyak 28 jemaah umrah positif Covid-19 itu di luar dari tim Advance tersebut. Kini, seluruh jemaah umrah yang telah pulang tengah dikarantina di Wisma Atlet.

"Itu positif (Covid-19) setelah kembali ke Indonesia, bukan pada saat di Saudi," ucap Endang dalam keterangannya, Senin (17/1/2022).

Sementara itu, masih ada sekitar 1.200 jemaah Indonesia yang tengah melakukan ibadah umrah sampai Minggu (16/1/2022).

“Sebanyak 1.200 WNI ini akan dipulangkan bertahap sesuai dengan paket perjalanan 12 hari. Ada yang 17 (Januari) hari ini. Ada yang 20-an (Januari) ke atas," ucap Endang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umrah Covid-19 omicron
Editor : Nancy Junita

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top