Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korut Uji Coba Peluncuran Rudal Menggunakan Kereta Api

Korut menguji coba rudal yang dibawa kereta api dalam latihan menembak kemarin, sekaligus menandai uji coba yang ketiga kalinya dalam bulan ini, menurut laporan media pemerintah KCNA hari ini.
Rudal balistik Korea Utara/reuters
Rudal balistik Korea Utara/reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Utara (Korut) menguji coba rudal yang dibawa kereta api dalam latihan menembak kemarin, sekaligus menandai uji coba yang ketiga kalinya dalam bulan ini, menurut laporan media pemerintah KCNA hari ini.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, mengatakan dua rudal balistik jarak pendek menempuh jarak sekitar 430 km hingga ketinggian maksimum 36 km setelah diluncurkan ke arah timur di pantai barat laut Korea Utara sebagaimana dikutip ChannelNewsAsia.com, Sabtu (15/1/2022).

Kantor berita resmi KCNA tidak merinci jangkauan tembakan itu, atau lintasan rudal, tetapi menyatakan latihan menembak diadakan di Provinsi Pyongan Utara untuk menilai kemampuan serangan dengan peluncuran di kereta api.

Negara itu menguji sistem berbasis rel untuk pertama kalinya September lalu dengan mengatakan teknologi itu dirancang sebagai serangan balasan potensial untuk setiap kekuatan yang mengancam.

Sejak Tahun Baru, Korea Utara telah meluncurkan tiga rudal balistik dalam rangkaian uji coba senjata yang luar biasa cepat.

Dua peluncuran sebelumnya melibatkan apa yang disebut media pemerintah sebagai "rudal hipersonik" yang mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan bermanuver setelah peluncuran.

Beberapa jam sebelum latihan uji terbaru, Korea Utara mengecam Amerika Serikat (AS), karena menerapkan sanksi baru sebagai tanggapan atas peluncuran misilnya baru-baru ini. AS menyebut uji  coba itu sebagai "provokasi" dan memperingatkan reaksi keras.

Pemerintahan Presiden Joe Biden memberlakukan sanksi pertamanya terhadap Pyongyang pada Rabu (12/1/2022), dan meminta Dewan Keamanan PBB untuk memasukkan beberapa individu dan entitas Korea Utara ke daftar hitam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper