Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Panglima TNI Keluhkan Sulitnya Akses Komunikasi di Wilayah 3T, Ini Respon Telkom

Saat ini Telkom tengah berupaya membangun infrastruktur komunikasi untuk TNI. Salah satunya dengan akses internet yang langsung dihubungkan ke satelit dan akan berdampak pada 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar Indonesia
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  16:59 WIB
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa
Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia merespons keluhan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa soal terhambatnya titik akses internet di pos pelayanan TNI (Tentara Nasional Indonesia) di daerah 3T (Terluar, Tertinggal, dan Terdepan) wilayah Indonesia.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom Indonesia Edy Witjara menuturkan saat ini pihaknya tengah berupaya membangun infrastruktur komunikasi untuk TNI. Salah satunya dengan akses internet yang langsung dihubungkan ke satelit dan akan berdampak pada 200 titik pos layanan TNI di wilayah terluar Indonesia

“Sektor pertahanan negara merupakan sektor yang krusial, dan Telkom berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap kemitraan yang telah terjalin, termasuk dalam hal ini dukungan infrastruktur telekomunikasi untuk TNI,” ujar Edy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/12/2021).

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa, mengangkat Pulau Dana Rote di Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu contoh, di mana komunikasi yang sulit membuat laju informasi menjadi terhambat.

“Untuk laporan, harus nyebrang ke Pulau Rote, baru bisa laporan apa perkembangannya. Kan tidak bisa kita membiarkan, pos-pos itu misalnya, tanpa komunikasi sama sekali,” terangnya.

Selama ini masih banyak titik operasi TNI yang belum terjangkau akses komunikasi, sedangkan TNI selalu hadir bersama masyarakat terluar untuk menjaga masyarakat Indonesia. “Saya menghadap Menteri Kominfo karena kami berharap mungkin ada solusi, dan ternyata benar-benar ada solusi,” ujarnya.

Lebih jauh, ia pun menjabarkan tantangan di wilayah perbatasan lain seperti pos TNI di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, serta daerah yang dekat dengan Sulawesi Tenggara. 

Patut diketahui, terkait kebutuhan teknologi informasi dan komunikasi TNI dan Kementerian Pertahanan, selama ini pihak pemerintah memberikan anggaran melalui Telkom untuk mendukung sektor pertahanan bangsa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi telkom panglima tni pulau terluar
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top