Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pascasarjana FEB UI Kukuhkan Doktor Kepada Chandra Dwipayana  

Program Pascasarjana Ilmu manajemen Fakultas EKonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengukuhkan gelar doktor yang ke-297 kepada Chandra Dwipayana, Senin (27/12/2021).
: Sidang Terbuka Promosi Doktor Chandra Dwipayana./Dok. PPIM FEB UI
: Sidang Terbuka Promosi Doktor Chandra Dwipayana./Dok. PPIM FEB UI

Bisnis.com,JAKARTA- Program Pascasarjana Ilmu manajemen Fakultas EKonomi dan Bisnis Universitas Indonesia mengukuhkan gelar doktor yang ke-297 kepada Chandra Dwipayana, Senin (27/12/2021).

Acara yang dilaksanakan secara hibrida tersebut dipimpin oleh Nachrowi Djalal Nachrowi selaku Ketua Sidang. Bertindak sebagai promotir, Ruslan Prijadi dan dan Mohammad Hamsal berlaku sebagai co promotor. Sedangkan Tim Penguji  diketuai oleh Sari Wahyuni, dan terdiri dari Wimboh Santoso, Budi W. Soetjipto, Cyrilus Harinowo, , dan Rizal Edy Halim.

Pada sidang yang dilakukan secara terbuka ini, Chandra Dwipayana berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Reinventing the Dynamics of Dominant Logic: An Empirical Investigation on the Indonesian Commercial Banks. Penelitian yang mengulas topik transformasi digital di sektor perbankan Indonesia ini memberikan landasan empiris peran  dynamic dominant logic dalam memupuk eksploitasi dan eksplorasi untuk mendukung transformasi digital melalui lensa dynamic ambidexterity.

Selain itu, sebagai kontribusi praktis, penelitian ini menegaskan bahwa pola tindakan teknis yang berkaitan dengan kapabilitas operasional bank selaku petahana tidak cukup untuk memenuhi permintaan pasar dan persaingan yang ada saat ini seiring dengan kemunculan tekfin  dan super-apps sebagai inovator dan penantang di sektor perbankan.

Chandra Dwipayana mengungkapkan bahwa manajemen puncak memiliki peran penting dalam menyediakan solusi yang lebih cepat dan tepat berdasarkan pengenalan pola untuk memecahkan masalah kompleks selama era transformasi digital.

“Tanpa dynamic dominant logic, perusahaan tidak dapat mempertahankan kebugaran dinamisnya karena kurangnya konseptualisasi bisnis dan keputusan tepat atas alokasi sumber daya yang krtitikal,” ujarnya.

Sebagai rangkaian untuk melengkapi studi doktoral yang ditempuh, Chandra Dwipayana telah mempublikasikan penelitian ilmiahnya yang berjudul Bifurcating the Dynamic Dominant Logic: Technical and Evolutionary Pattern of Action pada jurnal Management Decision yang merupakan salah satu jurnal internasional terbaik  di bidang bisnis, manajemen dan akuntansi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper