Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko PMK: Persiapan Operasi Lilin Nataru Terpantau Aman

Pemerintah menilai Operasi Lilin Nataru bisa berjalan lancar, bila ada kerja sama semua stakeholder.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  18:06 WIB
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seusai mengikuti pelantikan menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seusai mengikuti pelantikan menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dilaporkan telah meninjau kesiapan Operasi Lilin 2021 dalam menghadapi Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon pada Rabu (22/12).

Dikutip melalui laman resmi Kemenko PMK, Muhadjir juga mengecek Posko Pelayanan Terpadu, Prokes dan Gerai Vaksin Covid-19 di Rest Area KM 68 Tol Serang, meninjau Vaksinasi Serentak  Polda Banten di Gedung Aspirasi KP3B, dan  Pos Pelayanan Terpadu Prokes dan Gerai Vaksin di Rest Area KM 72 Tol Cikampek.

"Saya melihat di sini sudah sangat rapi persiapannya. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan," ujarnya, dikutip Kamis (23/12/2021).

Muhadjir mengapresiasi kelengkapan pelayanan yang telah ada di Pelabuhan Merak. Menurutnya, dengan adanya pelayanan tambahan seperti fasilitas vaksinasi, fasilitas untuk swab, serta ruang isolasi, akan sangat berguna untuk menghentikan penyebaran kasus Covid-19.

Muhadjir melanjutkan, agar seluruh pelayanan yang telah tersedia dapat berjalan dengan baik, maka menurutnya koordinasi antar stakeholder penting untuk dilakukan.

"Saya mohon yang penting koordinasinya nanti di lapangan antara stakeholder, baik Kemenkes, Dinkes, Dishub, dan daerah setempat, TNI-POLRI saya mohon betul-betul koordinasinya di lapangan betul-betul berjalan dengan baik," tuturnya.

Selain itu, Muhadjir mengingatkan, seluruh pemangku kepentingan perlu memiliki rencana untuk, mengantisipasi kejadian-kejadian tidak terduga dalam masa libur nataru, khususnya penyeberangan laut di Pelabuhan Merak. Seperti kemungkinan bencana alam hidrometeorologi, Badai La Nina, yang belakangan mengancam Tanah Air

"Itu saya mohon betul-betul diperhatikan, sehingga ketika ada kejadian kita bisa langsung tanggap mengantisipasinya," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Natal dan Tahun Baru kemenko pmk muhadjir effendy
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top