Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cerita Jokowi Bahas Konsep Metaverse dengan Mark Zuckerberg

Jokowi dan pendiri Meta Mark Zuckerberg pernah membahas mengenai konsep metaverse saat bertemu di kantor Facebook di Menlo Park, California, AS, Rabu (17/2/2016).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 15 Desember 2021  |  16:14 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi markas Facebook di Menlo Park, Silicon Valley. Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi disambut Mark Zuckerberg - Facebook
Presiden Joko Widodo mengunjungi markas Facebook di Menlo Park, Silicon Valley. Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi disambut Mark Zuckerberg - Facebook

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan pesan dari pendiri Meta Mark Zuckerberg mengenai konsep metaverse saat bertemu di kantor Facebook di Menlo Park, California, AS, Rabu (17/2/2016).

Jokowi menceritakan bahwa dalam pertemuan tersebut dirinya diajak bermain tenis meja alias pingpong oleh Zuckerberg dengan menggunakan oculus atau piranti layar ikat kepala untuk menampilkan realitas virtual (virtual reality/VR)

"Dia memberi tahu ke saya, Presiden Jokowi nanti 10—15 tahun lagi akan muncul seperti kita main pingpong ini. Setiap orang nanti bisa beli lahan virtual, bisa bangun bisnis virtualnya sendiri dan juga akan ada mall virtual, gym virtual, kantor virtual, wisata virtual," kata Jokowi dalam peresmian Gerakan Akselerasi Generasi Digital di Jakarta Convention Center, Rabu (15/12/2021).

Sekadar informasi, meta semesta dalam arti yang lebih luas mungkin tidak hanya merujuk pada dunia virtual yang dioperasikan oleh perusahaan media sosial tetapi seluruh spektrum realitas berimbuh (augmented reality).

Jokowi melanjutkan bahwa hal tersebut sebelumnya tidak terbayangkan olehnya, akan tetapi berkaca melalui teknologi yang berkembang kian pesat membuat dirinya mulai paham akan maksud dari pendiri Facebook tersebut.

"Saya saat itu belum bisa membayangkan seperti apa sebetulnya. Namun, sekarang saya bisa ngerti betul bahwa kemajuan digital ini tidak bisa kita cegah lagi dan sudah masuk ke tadi yang saya sampaikan," ujarnya.

Menurutnya, ke depan perusahaan-perusahaan besar dunia macam Meta hingga Microsoft berlomba-lomba membangun metaverse.

"Sehingga perlu disiapkan strategi negara kita, negara kita perlu menyiapkan sebuah strategi agar kita tidak tertinggal jauh oleh negara lain," katanya.

Jokowi pun mengingatkan jajaran menterinya bahwa waktu Indonesia tidak banyak untuk bisa mengejar ketertinggalan dengan negara lain terkait teknologi digital.

"Negara ini akan maju kalau kita bisa melompat [mengadopsi teknologi secara baik] dan waktunya hanya dua tahun," ujar Jokowi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Mark Zuckerberg ekonomi digital metaverse
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top