Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok Darmawan Prasodjo, Eks Caleg PDIP Kini Jadi Dirut PLN

Sebelum terjun ke dunia birokrasi dan menjadi orang nomor 1 di PLN, Darmawan Prasodjo dikenal sebagai politisi PDIP Perjuangan (PDIP).
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo./Tangkapan Layar laman resmi PLN
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo./Tangkapan Layar laman resmi PLN

Bisnis.com, JAKARTA -- Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

Surat Keputusan RUPS disampaikan oleh Menteri BUMN di Kantor Pusat PT PLN (Persero) di Jakarta dan berlaku sejak 06 Desember 2021. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan dalam mengelola perusahaan terutama dalam BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

Menurutnya, Zulkifli Zaini, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak Desember 2019, dinilai telah memimpin perusahaan yang melayani kebutuhan hidup seluruh rakyat Indonesia ini dengan hati dan keikhlasan.

“Amanah dalam mengelola PLN untuk bertahan dan tetap melayani, serta meringankan beban masyarakat miskin dan tidak mampu saat pandemi Covid-19 mengisyaratkan beliau memahami komitmen yang diemban,” tutur Erick.

Politisi PDIP - Staf Luhut

Darmawan Prasodjo lahir di Magelang 51 tahun lalu. Sebelum terjun ke dunia birokrasi dan menjadi orang nomor 1 di PLN, dia dikenal sebagai politisi PDIP Perjuangan (PDIP).

Jejak Darmawan sebenarnya bisa dilihat dalam pilpres 2014, dimana dia merupakan salah satu pendukung kuat pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. Darmawan dalam pemilu 2014 juga pernah menjadi calon legislatif dari PDIP daerah pemilihan Jateng V yang meliputi kawasan Soloraya.

Setelah Jokowi menang, Darmawan sempat menjadi Deputi I Kantor Staf Presiden. Empat tahun berselang dia menjabat sebagai Wakil Direktur PLN.

Darmawan Prasodjo merupakan seorang Ekonom Energi yang menghabiskan lebih dari 15 tahun di Amerika Serikat (AS) menempuh studi dan berkarir sebagai konsultan-peneliti di Texas A&M University dan Duke University.

Tahun 2012 kembali ke Indonesia dan memulai karir di beberapa perusahaan antara lain sebagai Direktur di Indonesia Center for Green Economy dan Kepala Jurusan di Prodi Green Economy di Surya University tahun 2012-2013, Co-chair Post 2015 Millenium Development Goals tahun 2013-2014.

Kemudian Presiden Komisaris Amesti Energi Nusantara tahun 2013 – 2014, Deputi I Bidang Pengendalian, Pembangunan , Monitoring dan Evaluasi Program Prioritas Kantor Staf Presiden tahun 2015-2019 dan Komisaris PT PLN (Persero) tahun 2018 – 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper