Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Dikepung Omicron, Simak Peringatan dari WHO

Omicron telah dilaporkan di setidaknya dua puluh negara dan mulai terdeteksi di Asia pada pekan ini, yakni di Australia, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan India. Banyak pemerintah telah menanggapi dengan memperketat aturan perjalanan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Desember 2021  |  12:18 WIB
Indonesia Dikepung Omicron, Simak Peringatan dari WHO
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. - DW.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat (4/12/2021) mengimbau negara-negara Asia-Pasifik untuk meningkatkan kapasitas perawatan kesehatan dan mempercepat distribusi vaksin untuk mempersiapkan lonjakan kasus Covid-19 yang dipicu oleh varian Omicron.

Varian baru tersebut pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada bulan lalu dan dikategorikan sebagai "variant of concern" oleh WHO. Para ilmuwan masih mengumpulkan data untuk menentukan seberapa menular Omicron dan tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya.

Omicron telah dilaporkan di setidaknya dua puluh negara dan mulai terdeteksi di Asia minggu ini, dengan kasus dilaporkan dari Australia, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, dan India. Banyak pemerintah telah menanggapi dengan memperketat aturan perjalanan.

"Pengendalian perbatasan dapat mengulur waktu, tetapi setiap negara dan setiap komunitas harus bersiap menghadapi lonjakan kasus baru," kata Takeshi Kasai, direktur regional WHO untuk Pasifik barat, mengatakan pada konferensi pers virtual, mengutip Tempo, Sabtu (4/12/2021).

Kasai menambahkan bahwa masyarakat tidak boleh hanya mengandalkan kebijakan pembatasan mobilitas. Paling penting adalah mempersiapkan diri masing-masing bahwa Omicron memiliki potensi penularan tinggi. 

Dia juga mengatakan bahwa setiap negara harus memanfaatkan pengalaman masing-masing saat berhadapan dengan varian Delta. Menurutnya memberikan vaksin kepada kelompok rentang dan menerapkan langkah pencegahan seperti pemakaian masker dan menjaga jarak sosial menjadi kunci pengendalian penyebaran virus.

"Sejauh ini informasi yang tersedia menunjukkan bahwa kita tidak perlu mengubah pendekatan kita," katanya.

Terlepas dari pembatasan pengunjung internasional, Australia menjadi negara terbaru pada hari Jumat yang melaporkan penularan domestik varian Omicron, sehari setelah penularan kasus domestik ditemukan di lima negara bagian AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

who Covid-19 omicron

Sumber : Tempo

Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top