Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waspada! Ini Celah yang Bisa Dimanfaatkan Mafia Tanah

Setidaknya ada empat hal yang dapat dimanfaatkan mafia tanah untuk melakukan praktik pidana di Indonesia.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 28 November 2021  |  18:57 WIB
Artis Nirina Zubir memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus mafia tanah yang menimpa dirinya dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (18/11/2021). - Antara
Artis Nirina Zubir memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus mafia tanah yang menimpa dirinya dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (18/11/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin membeberkan celah yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku mafia tanah di Indonesia.

Burhanuddin menjelaskan setidaknya ada empat celah yang harus segera ditutup oleh Pemerintah Pusat agar tidak ada lagi mafia tanah memainkan tanah milik masyarakat.

Celah pertama, kata burhanuddin adalah belum terintegrasinya administrasi pertanahan yang dikelola oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan administrasi pertanahan yang ada di desa.

"Misalnya itu terkait tanah jenis letter C, adanya kewenangan Ketua Adat yang menerbitkan Surat Keterangan Tanah (SKT) atau Surat Keterangan Tanah Adat (SKTA)," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (28/11).

Kemudian celah yang kedua, menurut Burhanuddin yaitu belum selesainya proses pendaftaran tanah, sehingga masih dibuka penggunaan tanda bukti hak atas tanah yang ada sebelum Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.

"Lalu tidak segera dilakukan tindakan administratif terhadap tanah yang haknya berakhir atau telah dihapus dan terakhir terdapat sertifikat ganda yang saling tumpang-tindih," katanya.

Burhanuddin mengimbau kepada seluruh personil Jaksa agar teliti dan cermat terhadap seluruh kasus tindak pidana sengketa lahan yang terjadi di setiap daerah di Indonesia.

"Pastikan bahwa sengketa tanah tersebut adalah murni sengketa tanah antar warga dan bukan diakibatkan oleh para mafia tanah yang bekerja sama dengan oknum pejabat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hukum sengketa lahan mafia tanah
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top