Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

25 Menit yang Memukau Dunia

Indonesia menjadi satu dari 192 negara yang turut ‘unjuk gigi’ dalam ajang pamer Expo 2020 Dubai yang diklaim terbesar di kawasan Timur Tengah dan Asean tersebut.
Maria Yuliana Benyamin
Maria Yuliana Benyamin - Bisnis.com 05 November 2021  |  15:02 WIB
25 Menit yang Memukau Dunia
Indonesia menggelar National Day di Al Wasl Plaza, di Expo 2021 Dubai, Kamis (4/11/2021). National Day tersebut merupakan acara khusus yang digelar oleh masing-masing negara. Indonesia secara khusus menyajikan sajian budaya yang ditata apik oleh maestro pagelaran Wishnutama - Istimewa\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Al Wasl Plaza memang sudah cantik. Kemegahannya tak terkira. Cahaya berwarna-warni yang berpendar dari dinding Al Wasl, menambah gegap gempita bangunan berbentuk kubah itu.

Apalagi, tepat magrib menjelang, azan berkumandang menggelegar dari seisi Al Wasl. Lalu, paduan instrumen dan cahaya tumpah ruah dari puncak kubah bangunan hub eksposisi megah di kota metropolis, Abu Dhabi.

Keindahan Al Wasl kian menjadi pada Kamis (4/11/2021) malam, waktu setempat. Pekikan membahana dari sudut-sudut Al Wasl. Ditingkahi lagi dengan pendaran lampu beraneka bentuk dan warna. Al Wasl kian cantik malam itu.

Sorak-sorai riuh terdengar. Dari berbagai sudut. Ketika Presiden Joko Widodo dan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) memasuki Al Wasl.

Malam itu, tampilan Al Wasl memang tak biasa. Dandanannya cantik dan spesial untuk Indonesia National Day. Acara karya anak negeri yang disaksikan ribuan pasang mata.

Satu per satu suguhan budaya yang dikemas dalam tari-tarian dari berbagai belahan Indonesia memanjakan mata semua pengunjung yang hadir. Harmoni gerakan yang tercipta sungguh sedap dipandang mata. Sekaligus mengundang decak kagum tak terkira. Seperti tak habis-habisnya membuat penasaran.

Suara biduan Lyodra Ginting turut membuat malam makin syahdu. Lantunan ‘Indonesia Pusaka’ menggelegar persis dari pusat podium Al Wasl. Semua terhanyut. Larut dalam sajian malam itu. 

Permainan teknologi cahaya pada dinding Al Wasl serta gemuruh suara dengan pesan-pesan kuat menjadi suatu atraksi yang sungguh tak terlupakan. Tentunya bagi semua yang hadir, pesannya kuat dan jelas. Indonesia, dengan segala kekayaan budaya membuka diri dan mengajak semua yang hadir untuk lebih mengenal Nusantara. Surga pariwisata.

Sentuhan Wishnutama ada di balik pertunjukan nan megah itu. Dua puluh lima menit yang membuka mata dunia. 

Di Expo 2020 Dubai yang baru sebulan lebih berjalan, Indonesia menjadi satu dari 192 negara yang turut ‘unjuk gigi’ dalam ajang pamer terbesar di kawasan Timur Tengah dan Asean tersebut.

Expo ini memang begitu spesial. Dilaksanakan dalam kondisi yang belum sepenuhnya pulih dari pandemi Covid-19. Namun, gegap gempitanya tetap terasa. Seperti renyah tawa pengunjung yang tercipta di sudut-sudut paviliun cantik. Juga seperti langkah mantap dan lincah yang melangkah di arena expo.

Menyaksikan secara langsung expo tersebut dengan mata kepala sendiri, sungguh seperti sedang melihat kebangkitan dunia. Dunia baru yang belum selesai berjuang melawan Covid-19.

Seperti sedang merayakan ‘kebangkitan’, masing-masing paviliun berlomba tampil cantik dengan dandanan yang memukau. Tujuannya tak lain. Memikat pengunjung yang hadir, sehingga tercipta peluang baru.

Pun Indonesia. Lewat kehadiran Paviliun RI yang mengusung konsep perjalanan waktu dalam bingkai tiga zona: Yesterday, Today, dan Tomorrow. Expo 2020 Dubai menjadi awal kebangkitan Indonesia. Setelah terpuruk dalam badai pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Nyaris mencapai 2 tahun.

Pengunjung berfoto di tulisan Expo 2020 Dubai

Expo 2020 Dubai memang bukan ajang jualan secara langsung. Tak ada nilai rupiah yang seketika tercipta di sini. Akan tetapi, ini juga bukan ajang pamer biasa. Ini sebuah pintu masuk menuju semakin dikenalnya Indonesia di dunia. Lalu, terbuka peluang ekonomi dan bisnis lainnya.

Keriuhan yang tercipta di Al Wasl Plaza juga tentu bukan tujuan utama Expo 2020 Dubai. Lebih dari itu, Indonesia ingin memberi pesan pada dunia, bahwa Indonesia membuka diri terhadap berbagai peluang. Ajang tersebut ibarat karpet merah, yang terbentang menyambut siapapun yang hadir.

Ajang tersebut juga menjadi momentum untuk menyatukan kekuatan. Setelah tercerai-berai dan berjuang sendirian melawan pandemi Covid-19.

Pesan untuk bersatu kembali terucap dengan lantang oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi pada Kamis (3/11) sore, ketika mengawal Merah Putih berkibar di Stage of Nation, Al Wasl. Disaksikan oleh Minister of State Uni Emirat Arab H. E. Ahmed bin Ali Al Sayegh, Lutfi menyerukan ajakan itu.

“Semua kita telah menyaksikan hal yang paling buruk. Akibat pandemi Covid-19. Dan inilah saatnya untuk bangkit kembali. Bangkit bersama dan bangkit lebih kuat. Untuk mewujudkan itu, kita butuh visi. Sebuah imajinasi bersama yang baru.”

Tentu saja, Expo 2020 Dubai ini juga menjadi ajang untuk memperkuat kerja sama dan menarik komitmen dari berbagai belahan dunia, tidak saja Uni Emirat Arab (UEA). UEA menjadi semacam pintu masuk untuk menarik lebih banyak peluang lagi.

Pada tahap awal, setidaknya kita telah mengantongi komitmen investasi yang tidak sedikit dari negara ini. Tercatat ada sekitar 19 perjanjian kerja sama yang dipertukarkan dengan total nilai investasi sebesar US$32,7 miliar atau sekitar Rp468 triliun.

Komitmen bisnis dan investasi tersebut antara lain, kerja sama antara Indonesia dan Abu Dhabi Growth Fund, kerja sama antara Indonesia dan DP World, floating solar antara Masdar dan Pertamina, refinery Balikpapan, manufaktur dan distribusi vaksin dan bioproducts.

Selain itu, ada pula berbagai kesepakatan G42 dengan berbagai mitra di Indonesia, antara lain di bidang smart cities, telekomunikasi, pengembangan laboratorium genomik, dan lain sebagainya.

Masih ada 5 bulan lagi ke depan. Paviliun Indonesia akan tegak berdiri di area Expo 2020 Dubai hingga 31 Maret 2022. National Day pun bukan puncak dari gelaran ini.

Pengunjung tengah melihat produk fesyen dan kerajinan tangan dalam negeri di Pavilliun Indonesia, Expo 2020 Dubai

Justru Indonesia National Day yang digelar dengan apik dan meriah di hadapan ribuan pasang mata yang melihat secara langsung, atau jutaan orang yang menyaksikan lewat berbagai tayangan televisi, menjadi awal dari terciptanya berbagai peluang. Bagi Indonesia.

Momentum ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bukan kemegahan paviliun saja yang kita tampilkan. Atau atraksi budaya yang hanya menyenangkan mata. Pun makanan khas Indonesia yang bisa menggoyang lidah pengunjung.

Lebih dari itu, ajang tersebut menjadi momentum untuk membuka mata, melebarkan telinga, dan mengejar berbagai peluang yang ada di sekitar.

Kolaborasi di antara berbagai pihak akan mewujudkan impian besar tersebut. Ini juga sebuah gerakan bersama yang harus diorkestrasi dengan apik. Bukan tugas satu atau dua orang. Lalu, yang lain hanya tinggal diam.

Sekali lagi, dari Paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai, sebuah pesan bergaung dengan tegas. Jelas. Nyaring dan lantang. Indonesia ‘membuka lebar-lebar pintunya’. Selamat datang peluang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dubai dubai paviliun indonesia trade expo indonesia Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top