Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas Namengkawi Tangkap Satu DPO Anggota KKB Wilayah Nduga dan Yahukimo

Tim OPS Nemangkawi-Papua langsung bergerak cepat dan melakukan penangkapan terhadap Yentinus Kogoya bersama dengan Benius Giban. Keduanya kemudian dibawa ke ruang Reskrim Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan.
Ilustrasi/Antaranews.com
Ilustrasi/Antaranews.com

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Nemangkawi Papua Berhasil mengamankan satu orang DPO Anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kali I atas nama Yentinus Kogoya pada Selasa (2/11/2021).

Yentinus merupakan anak buah dari pimpinan KKB wilayah Nduga, Egianus Kogoya dan pimpinan KKB wilayah Yahukimo, Tendius Gwijangge di Jalur tiga Paradiso, Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Ka Satgas Humas Ops Nemangkawi-Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa mengatakan penangkapan tersebut berdasarkan Laporan Polisi Polres Yahukimo dengan Nomor LP/16/V/2021/Papua/Res Yahukimo, LP/23/VI/2021/PAPUA/RES YAHUKIMO tanggal 25 Juni 2021 dan LP/27/VII/2021/Papua/Res Yahukimo, tanggal 10 Juli 2021.

Dia membeberkan penangkapan berawal pada Selasa (2/11/2021) sekira pukul 10.00 WIT. Saat itu, kata dia, Tim OPS Nemangkawi-Papua melakukan patroli di wilayah Kota Dekai-Yahukimo.

"Pada saat patroli, tim menerima laporan dari masyarakat bahwa salah satu kelompok KKB wilayah Nduga dan Yahukimo sedang berada di Kota Dekai-Yahukimo", kata Ahmad dalam keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021).

Setelah mendapat laporan dari masyarakat, tim langsung bergerak cepat dan melakukan penyelidikan di wilayah pemukiman jalur 3 ( Kota Dekai.

Pada saat melakukan penyelidikan tim melihat DPO KKB Yentinus Kogoya sedang berboncengan dengan Benius Giban (19) yang hendak membeli bensin.

Ahmad mengatakan, tim OPS Nemangkawi-Papua langsung bergerak cepat dan melakukan penangkapan terhadap Yentinus Kogoya bersama dengan Benius Giban. Keduanya kemudian dibawa ke ruang Reskrim Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan.

"Dari hasil pemeriksaan awal terhadap DPO KKB itu, diketahui bahwa Yentinus Kogoya merupakan anggota KKB Nduga dan Yahukimo dan telah berada di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo-Papua selama empat tahun dan dirinya bekerja di tambang yang berada di Kali I, Kabupaten Yahukimo", katanya.

Tim OPS Nemangkawi-Papua juga berhasil mengamankan, sejumlah Barang bukti berupa, 5 KTP elektronik atas nama Nus Haselo, Stephanus Pangalerang, Rutin Silakan dan Delius Gwijangge.

Tim juga mengamankan SIM C atas nama Stephanus Pangalerang, satu kartu BPJS atas nama Stephanus Pangalerang, satu buah ATM BRI, satu butir Peluru Kaliber 45 ACP, satu butir Selongsong peluru kaliber 5,56, satu Kartu Amazone, tiga lembar kupon, uang sebanyak Rp75 ribu dengan pecahan 50 ribu, 20 ribu dan 5 ribu, satu buah Dompet kulit, satu Minyak urut GPU, satu buah Senter kepala, Pinang kering dan kapur, satu buah Noken serta satu buah cermin.

"DPO KKB atas nama Yentinus Kogoya merupakan DPO Polres Yahukimo sejak bulan Juni 2021 dan Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh tim OPS Nemangkawi-Papua, Diketahui bahwa, DPO KKB atas nama Yentinus Kogoya adalah Kumis Kogoya berdasarkan hasil dari Laporan Polisi yang dikeluarkan oleh Reskrim Polres Yahukimo," papar Ahmad.

Saat ini masih dilakukan pemeriksaan intensif terkait keterlibatan Yentinus Kogoya dalam kelompok KKB Nduga dan Yahukimo yang berada di wilayah Kabupaten Yahukimo.

Diketahui, Yentinus merupakan salah satu kelompok KKB wilayah Nduga pimpinan Egianus Kogoya, dan pimpinan KKB wilayah Yahukimo, pimpinan Tendius Gwijangge yang berperan sebagai penerjemah, penghubung dan bermain dalam media sosial.

Yentinus juga pernah terlibat dalam acara bakar batu di Kali Braza yang dihadiri oleh kelompok KKB Yahukimo pimpinan Tendius Gwijangge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper