Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aksi Bengal Polisi Nakal, Hajar Anak Buah Hingga Tembak Mati Sesama Polisi

Kapolri telah memerintahkan jajarannya untuk menindak tegas semua anggota polisi yang melakukan pelanggaran.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 28 Oktober 2021  |  13:59 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021). - Antara/Raisan Al Farisi
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melambaikan tangan kepada awak media usai menjalani pertemuan dengan Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis), di Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/3/2021). - Antara/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA -- Publik menyoroti kepolisian menyusul terjadinya sejumlah kasus yang melibatkan anggota atau pejabat di institusi tersebut.

Kasus yang paling viral adalah aksi Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar yang tanpa ampun menghajar anak buahnya sendiri. Penyebabnya sepele hanya karena wajah AKBP Syaiful tak bisa nampang saat zoom meeting dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri sendiri telah menegaskan akan menindak tegas seluruh oknum polisi yang melanggar aturan saat menjalankan tugas.

Menurutnya, tindakan tegas itu bisa berupa sanksi pidana atau pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) kepada oknum polisi yang terbukti sudah melanggar aturan.

"Perlu tindakan tegas jadi tolong tidak pakai lama, segera copot, PTDH dan proses pidana," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta.

Melalui tindakan tegas tersebut, Sigit berharap hal itu bisa memberikan efek jera dan anggota lainnya tidak melakukan pelanggaran lagi selama bertugas di lapangan.

Sigit berpandangan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum Polisi bisa berpotensi menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

"Kasihan anggota kita yang sudah kerja keras, yang lelah yang selama ini berusaha berbuat baik, terus kemudian hancur gara-gara hal-hal seperti ini. Jadi tolong hal ini disikapi dengan serius, kemudian lakukan langkah-langkah konkret yang baik," kata Sigit.

Bisnis telah merangkum sejumlah kasus yang melibatkan anggota kepolisian baik di tingkat pusat maupun di daerah. Berikut daftarnya:

1 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapolri Listyo Sigit Prabowo
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top