Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menkes Upayakan Obat Covid-19 Molnupiravir Hadir Akhir 2021

Molnupiravir adalah obat antivirus eksperimental. Obat ini aktif secara oral dan dikembangkan untuk mengobati influenza.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  17:12 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan obat Covid-19 Molnupiravir akan segera diproduksi akhir 2021.

Untuk diketahui, Molnupiravir adalah obat antivirus eksperimental. Obat ini aktif secara oral dan dikembangkan untuk mengobati influenza.

Obat ini merupakan produk dari turunan nukleosida sintetis N4-hydroxycytidine, dan memberikan tindakan antivirusnya melalui pengenalan kesalahan penyalinan selama replikasi RNA virus.

Budi melanjutkan, perwakilan pemerintah Indonesia telah berkunjung ke Amerika Serikat untuk tahap finalisasi agar obat tersebut segera berlabuh ke Tanah Air.

"Kami sudah sampai ke tahap finalisasi dari agreement [dengan Amerika Serikat] agar Indonesia bisa mengadakan tablet Molnupiravir diusahakan pada akhir tahun ini," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (25/10/2021).

Budi menambahkan, persiapan ini sebagai langkah antisipasi bila gelombang Covid-19 kembali terjadi di Indonesia. Bahkan, pemerintah disebutkan tengah dalam proses negosiasi agar pabrik obat Molnupiravir dibangun di Tanah Air.

"Kami juga menjajaki dengan mereka untuk membangun pabrik obatnya di Indonesia dan juga bahan baku obatnya," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes menkes Virus Corona
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top