Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MUI: Santri Sehat Cerminan Indonesia Hebat

Momentum Hari Santri perlu diperingati sebagai bentuk rekognisi dan penghargaan atas perjuangan dedikasi serta kontribusi santri di dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  11:29 WIB
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Nia'm Sholeh  - Bisnis/Akbar
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Fatwa, Asrorun Nia'm Sholeh - Bisnis/Akbar

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Majelis Ulama Indonesia (Mui) Bidang Fatwa, Asrorun Nia’m Sholeh menyampaikan santri memiliki tanggung jawab untuk melakukan perbaikan, salah satunya berperan dalam penanggulangan wabah Covid-19.

Dia mengatakan, momentum Hari Santri perlu diperingati sebagai bentuk rekognisi dan penghargaan atas perjuangan dedikasi serta kontribusi santri di dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Menurutnya, santri adalah entitas yang secara real berkontribusi di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta pada saat yang sama santri memiliki tanggung jawab untuk melakukan perbaikan-perbaikan (harakatul islah) dari kondisi yang kurang baik menuju lebih baik.

“Misalnya, persoalan kesehatan Santri diharapkan bisa merefleksikan diri sebagai agen perubahan mulai dari aspek perilaku di lingkungan terdekatnya sampai berkontribusi dalam penanggulangan wabah Covid-19,” katanya di Istana Negara, Jumat (22/10/2021).

Lebih lanjut, dia meyakini santri memiliki kontribusi yang sangat optimal di dalam protokol kesehatan. Bahkan, mampu menjadi garda terdepan di dalam program vaksinasi dan langkah kontribusi penanganan sosial yang menjadi residu dari permasalahan Covid-19.

“Ini yang perlu terus di dukung, karena ada juga yang perlu dilakukan perbaikan, apa itu soal kebiasaan santri yang permisif terhadap masalah kebersihan sehingga penting untuk memastikan keseimbangan antara norma dan praktik kesehatan di lingkungan pesantren. Ingat, santri sehat mencerminkan Indonesia hebat,” tuturnya

Sekadar informasi, Jokowi menetapkan Hari Santri Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) No.22/Tahun 2015.

Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri tidak lepas dari peran ulama dan para santri di masa kemerdekaan.

Penyebabnya, pada 22 Oktober 1945, Kiai Hasyim Asy'ari menyerukan Resolusi Jihad sebagai bentuk komitmen dan kewajiban umat Islam mempertahankan bangsa dan negara ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mui Hari Santri
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top