Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budi Gunadi Alami Titik Terendah sejak Menjabat Menkes

Saat varian Delta masuk ke Indonesia pada Juli 2021 menjadi titik terendah Budi Gunadi selama menjabat sebagai menkes.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (dalam layar) disaksikan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin memberikan pemaparan dalam webinar  Mid Year Economic Outlook 2021: Prospek Ekonomi Indonesia Pasca Stimulus, Relaksasi dan Vaksinasi di Jakarta, Rabu (7/7/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (dalam layar) disaksikan Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Maria Y. Benyamin memberikan pemaparan dalam webinar Mid Year Economic Outlook 2021: Prospek Ekonomi Indonesia Pasca Stimulus, Relaksasi dan Vaksinasi di Jakarta, Rabu (7/7/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebutkan lonjakan kasus kedua Covid-19 pada Juli 2021 merupakan momentum dirinya mengalami titik terendah.

Dia mengatakan, saat varian Delta mulai masuk ke Indonesia pada Juli 2021 menjadi titik terendahnya selama menjabat sebagai Menteri Kesehatan dalam kurun 10 bulan.

Salah satu alasannya, dia menerima banyak permintaan secara langsung dari masyarakat untuk mendapat akses perawatan di rumah sakit karena telah tertular Virus Corona.

"Low point [saya] pada Juli, [saya] harus tidur jam 1 sampai jam 2, bukan gara-gara apa, tetapi karena menerima WhatsApp yang demikian banyak untuk meminta bantuan ke rumah sakit, dan it's very depressing moment," ujarnya dalam acara Indonesia Knowledge Forum 2021, Kamis (7/10/2021).

Lebih lanjut, dia menyebut dirinya berusaha untuk menjawab berbagai permintaan yang diterima.

Bahkan, Budi mencoba untuk responsif dengan membalas semua pesan teks dari malam hari hingga pagi hari. Dengan akses yang dimiliki, Budi berharap dapat membantu sesama.

"Bangun pagi sudah ada 10 [orang] yang minta [akses rumah sakit] dan segera dijawab, 'Pak, Bu, ini kasih ke [rumah sakit] ini. Mungkin 2 atau 3 jam [ada jawaban]. Namun, ada balasan ‘Waduh terima kasih Pak Menkes, tetapi mohon maaf sudah meninggal sebelum dapat akses’. Ini membuat [saya] sedih,” ujarnya.

Budi mengatakan, meskipun memiliki jabatan dan kekuasaan, tetapi dirinya justru belum merasa bisa memberikan manfaat bagi sesama, khususnya pada momentum lonjakan kasus kedua.

“Itu yang aku rasa membuat paling low [sedih]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper