Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Ini 3 Cara Mudah Lapor Gangguan IndiHome via HP

Berikut tata cara pelaporan jika jaringan internet IndiHome Anda bermasalah.
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Perkebunan Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat./JIBI-Rachman
Teknisi Telkomsel melakukan perawatan jaringan di salah satu menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Perkebunan Malabar, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat./JIBI-Rachman

Bisnis.com, SOLO - Layanan internet IndiHome mengalami gangguan pada Minggu (19/9/2021) kemarin. Akibatnya, terdapat penurunan kualitas layanan Telkom Group baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.

Pihak Telkomsel pun mengakui bahwa telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatra dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, pihak IndiHome langsung berusaha menangani persoalan tersebut.

“Saat ini kami langsung melaukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan,” ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza, dikutip dari Bisnis pada Senin (20/9/2021).

Namun demikian, bagaimana jika suatu saat kembali terjadi gangguan dengan jaringan internet ini?

Berikut adalah cara mudah untuk melaporkan kendala yang Anda alami.

Menghubungi call center

Opsi pertama, Anda bisa menghubungi call center IndiHome di nomor pengaduan 147. Namun demikian, sebelum menelepon pastikan bahwa Anda memiliki pulsa yang cukup.

Adapun caranya, yakni tekan dial 147 pada ponsel Anda. Tunggu sampai ada sapaan selamat datang di 147.

Selanjutnya, tekan 1 untuk Bahasa Indonesia atau tekan 2 untuk Bahasa Inggris. Kemudian tekan angka 2 untuk masalah IndiHome. Lalu, tekan angka 1 untuk pelanggan IndiHome, atau tekan 2 bila Kamu pelanggan lainnya dari Telkom, seperti astinet.

Tunggu sampai operator menyapa Anda. Jangan lupa sebutkan nomor id pelanggan (yang biasa digunakan untuk membayar tagihan).

Hubungi lewat media sosial

Untuk melayangkan pengaduan, kamu juga bisa menyampaikannya lewat Twitter atau Facebook IndiHome.

Caranya, cari akun dengan Twitter @indihome atau @indihomecare, atau akun Facebook Indihomecare. Lalu, ketik pesan yang ingin Anda sampaikan.

Kemudian, informasikan nomor internet/nomor berlangganan IndiHome Anda, serta nomor HP yang aktif untuk memudahkan tim perbaikan dalam menghubungi Anda.

Informasikan juga alamat lengkap dan foto bukti kendala untuk memproses pengajuan tiket gangguan indihome.

Tunggu sampai minimal 6 jam, maksimal waktu 3x24 jam tergantung kondisi, dan tim perbaikan pun akan segera datang ke lokasi Anda.

Pengaduan gangguan internet di My Indihome

Pelaporan juga bisa dilakukan melalui aplikasi My Indihome. Caranya pun mudah. Setelah membuka aplikasi, login/register dengan akun IndiHome Anda.

Selanjutnya, pilih bantuan. Lalu, pilih Indira/Indita dan ketik pesan/permasalahan yang ingin disampaikan, serta nomor telepon.

Jangan lupa informasikan pula alamat dan foto bukti kendala untuk memproses pengajuan tiket gangguan IndiHome.

 Selanjutnya, tunggu tim perbaikan datang ke lokasi Anda dalam jangka waktu 3x24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper