Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Taliban Klaim Kemenangan di Panjshir, Kuasai Seluruh Afghanistan?

Lembah Panjshir merupakan wilayah terakhir yang belum direbut oleh pemberontak dalam serangan mereka baru-baru ini di seluruh Afghanistan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 05 September 2021  |  16:12 WIB
Taliban Klaim Kemenangan di Panjshir, Kuasai Seluruh Afghanistan?
Pasukan Taliban berhasil menduduki Ibu Kota Afganistan, Kabul pada Minggu (15/8/2021) - DW.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya 17 orang tewas dan 41 lainnya terluka akibat kebakaran saat perayaan di berbagai bagian ibu kota Afghanistan setelah muncul klaim bahwa Taliban merebut lembah Panjshir di timur laut, kata sumber rumah sakit kepada Anadolu Agency.

Selama dua jam, Taliban menembakkan ribuan peluru pelacak melintasi langit kemarin malam di Kabul sehingga memicu spekulasi bahwa mereka telah merebut lembah itu.

Lembah Panjshir merupakan wilayah terakhir yang belum direbut oleh pemberontak dalam serangan mereka baru-baru ini di seluruh negara.

Namun, laporan-laporan ini ternyata salah, karena tidak ada komandan Taliban yang tercatat membenarkan kemenangan itu sebagimana dikutip situs aa.com.tr, Minggu (5/9/2021).

Menurut sumber dari rumah sakit setempat, setidaknya 17 orang tewas dalam kebakaran membabi buta, dengan 41 lainnya terluka dan dibawa untuk menerima perawatan medis. Akan tetapi Taliban menolak akses ke rumah sakit yang menerima mereka.

Seorang pemimpin senior Taliban, Mawlavi Mohammad Yaqoob Omari mengeluarkan pesan audio yang memperingatkan anggota Taliban tentang konsekuensi berat atas perilaku tersebut.

"Saya memperingatkan semua komandan dan Mujahidin (anggota Taliban) di kota dan provinsi Kabul bahwa jika ada yang menggunakan tembakan udara di kota, saya akan mengambil tindakan tegas terhadap mereka," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pelanggar aturan itu akan diusir dari kota.

Kelompok perlawanan Panjshir yang dipimpin oleh Ahmad Massoud, putra mendiang komandan mujahidin Ahmad Shah Massoud bersama Bismillah Mohammadi, menteri pertahanan pemerintah Ghani, masih memerangi Taliban di lembah itu.

Jika Taliban merebut Panjshir maka untuk pertama kalinya mereka akan membentuk pemerintahan di seluruh Afghanistan. Mereka tidak dapat memerintah provinsi Afghanistan utara termasuk Faryab, Sar-e Pul, Jawzjan, Balkh, Samangan, dan Kunduz selama pemerintahan pertama mereka dari tahun 1996 hingga 2001.

Taliban telah mengambil alih sebagian besar dari 33 ibu kota provinsi tanpa pertumpahan darah, tetapi konfrontasi mematikan terus berlanjut di Panjshir sejak AS meninggalkan Afghanistan pada 31 Agustus, satu-satunya provinsi yang masih memerangi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

afghanistan taliban
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top