Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bill Gates Sebut Ada Ancaman Lebih Mengerikan dari Covid-19, Apa Itu?

Bill Gates mengatakan bahwa menangani dampak dari perubahan iklim menjadi lebih sulit dari pandemi Covid-19.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 22 Agustus 2021  |  01:55 WIB
Co-chair Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg - Takaaki Iwabu
Co-chair Bill and Melinda Gates Foundation, Bill Gates menjadi pembicara saat Bloomberg New Economy Forum di Beijing, China, Kamis (21/11/2019). Bloomberg - Takaaki Iwabu

Bisnis.com, JAKARTA - Negara-negara di dunia saat ini tengah sibuk melawan virus Corona dan mengatasi krisis yang disebabkannya. Namun, Bill Gates menyebut ada ancaman lain yang lebih mengerikan dari pandemi Covid-19.

Dikutip dari blognya, Bill Gates menyatakan bahwa ancaman yang bisa lebih buruk dari pandemi Covid-19 adalah perubahan iklim. Dia mengatakan bahwa krisis yang disebabkan dari perubahan iklim bisa lebih mengerikan ketimbang pandemi.

"Seburuk apapun pandemi ini, perubahan iklim bisa lebih buruk," ujar Gates dalam tulisan berjudul Covid-19 is awful. Clima change could be worse yang diunggah melalui blognya pada 4 Agustus 2021.

Pendiri Microsoft itu pun menyampaikan gambaran terkait dampak buruk dari perubahan iklim. Dia memperkirakan perubahan iklim dapat mengakibatkan 14 kematian per 100.000 populasi selama 40 tahun mendatang.

Jika pertumbuhan emisi tetap tinggi, pada akhir abad ini perubahan iklim dapat menyebabkan tambahan 73 kematian per 100.000 orang. Namun, jika emisi lebih rendah, tingkat kematian bisa turun menjadi 10 kasus per 100.000 orang.

Dengan demikian, pada tahun 2060, perubahan iklim bisa sama mematikannya dengan Covid-19. Kemudian pada tahun 2100, bisa lima kali lebih mematikan dari Covid-19.
Sang filantropis juga menyebut bahwa perubahan iklim dapat menimbulkan dampak lebih buruk dalam satu atau dua dekade ke depan. Diprediksi akan sama buruknya dengan dampak yang ditimbulkan akibat pandemi selama 10 tahun atau pada akhir abad menjadi lebih buruk jika pertumbuhan emisi tetap tinggi.
Bill Gates menyadari bahwa pada kondisi pandemi seperti saat ini sulit untuk memikirkan masalah seperti perubahan iklim. Namun, upaya pencegahan perlu dilakukan sejak dini untuk menghindari bencana besar dari perubahan iklim yang kemungkinan terjadi di masa depan.
"Poin kuncinya adalah, jika kita mengambil pelajaran dari Covid-19, kita dapat lebih siap untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kemungkinan terburuk akibat perubahan iklim. Krisis global saat ini dapat menjadi masukan bagi kita untuk bersiap menghadapi kemungkinan krisis berikutnya," ungkapnya.
Gates mengatakan bahwa menangani dampak dari perubahan iklim menjadi lebih sulit dari pandemi Covid-19 karena tidak ada vaksin untuk mengatasinya.
"Ketika ada vaksin untuk virus Corona, organisasi seperti GAVI akan siap memastikan vaksin itu menjangkau orang-orang termiskin di dunia. Tetapi tidak ada GAVI untuk energi bersih. Jadi pemerintah, penemu, dan pengusaha di seluruh dunia perlu fokus untuk membuat teknologi hijau yang cukup murah sehingga negara-negara berkembang tidak hanya menginginkannya, tetapi juga mampu membelinya," ujarnya.
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bill gates perubahan iklim Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top