Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menag Yaqut Pindah Agama dan Dibaptis? Begini Hasil Cek Faktanya

Sebuah video diunggah oleh akun Youtube, Official News Update, pada Jumat (13/8/2021) dengan narasi, Menag Yaqut Cholil Qoumas telah dibaptis dan berpindah agama.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 18 Agustus 2021  |  15:17 WIB
Kolase gambar video Youtube dan unggahan di Twitter yang berisi disinformasi dengan narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpindah agama dan dibaptis - Dok./Mafindo
Kolase gambar video Youtube dan unggahan di Twitter yang berisi disinformasi dengan narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpindah agama dan dibaptis - Dok./Mafindo

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menyatakan bahwa video yang viral di Youtube dan Twitter dengan narasi yang menyatakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah pindah agama dan dibaptis merupakan konten yang salah.

Melalui laman resminya, TurnBackHoax.ID, Mafindo menyatakan bahwa video tersebut termasuk kategori konten yang dimanipulasi.

"FAKTANYA, selain menggunakan foto hasil SUNTINGAN, video tersebut adalah hasil suntingan dari beberapa sumber dokumentasi yang digabungkan untuk membuat kesimpulan yang TIDAK sesuai dengan fakta," demikian pernyataan Mafindo.

Mafindo memerinci, video itu diunggah oleh akun Youtube, Official News Update, pada Jumat (13/8/2021). Video itu pun berjudul, UPDATE BERITA TERKINI ~ TERBONGKAR..!! TERNYATA MENAG YAQUT PINDAH AGAMA DAN DIBAPTIS? ~ NEWS UPDATE.

Narasi dalam video itu menyebutkan bahwa Menag Yaqut Cholil Qoumas telah dibaptis atau dengan kata lain telah berpindah agama.

"Buatku Yaqut itu agamanya apapun, bahkan ATEIS sekalipun gak ngaruh apa apa……….karena emang sifatnya udah gitu…!” demikian salah satu potongan kalimat dalam video tersebut.

Mafindo menyatakan bahwa berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, video tersebut termasuk konten yang dimanipulasi. Dengan kata lain, video itu berisi informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu. 

"Selain menggunakan foto hasil SUNTINGAN, video yang dibagikan oleh SUMBER adalah hasil suntingan dari beberapa sumber dokumentasi yang digabungkan, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH," tulis Mafindo.

Hasil verifikasi thumbnail video oleh Mafindo menunjukkan bahwa salah satu sumber foto asli yang dimanipulasi dan digunakan di video tersebut berasal dari Portal Jogja pada 22 Desember 2020. 

Berita itu melaporkan Yaqut Cholil Qoumas atau yang lebih dikenal sebagai Gus Yaqut dan merupakan Ketua Umum GP Ansor ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menduduki jabatan Menteri Agama.

Kolase gambar video Youtube dan salah satu sumber foto asli yang dimanipulasi dan digunakan di video tersebut - Dok./Mafindo

Salah satu sumber foto lainnya yang digunakan di video tersebut bersumber dari detikNews pada 24 Desember 2020, yang menunjukkan Menag Yaqut melakukan kunjungan kerja pertamanya sebagai menteri di GPIB Immanuel atau Gereja Blenduk, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Saat itu, Gus Yaqut memantau jalannya misa Natal di gereja yang berada di kawasan Kota Lama Semarang tersebut.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Yaqut Cholil Qoumas hoax cek fakta
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top