Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Epidemiolog Prediksi Varian Delta Akan Mengamuk di Luar Jawa-Bali

Dicky telah memproyeksikan bahwa India, Brazil, dan Indonesia berpotensi menjadi episentrum Covid-19 dunia karena keterbatasan sistem kesehatan.
Sebaran Varian Delta di Indonesia./Kemenkes
Sebaran Varian Delta di Indonesia./Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA - Epidemiologist Universitas Griffith Australia Dicky Budiman memprediksi Covid-19 varian Delta akan mengamuk di luar Jawa-Bali.

Sebelumnya, pada Maret 2020, Dicky telah memproyeksikan bahwa India, Brazil, dan Indonesia berpotensi menjadi episentrum Covid-19 dunia karena keterbatasan sistem kesehatan, besarnya populasi, dan status sosial ekonomi sebagian besar penduduknya.

“Karena itu, performa pengendalian selanjutnya akan ditentukan oleh konsistensi dan komitmen para pemimpin dalam penanganan pandemi Covid-19,” katanya dalam Webinar Narasi Institute, Minggu (8/8/2021).

Menurutnya, selama ini ada gap antara pemahaman dan komunikasi antar pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan Covid-19.

Dia menyampaikan, berdasarkan laporan Badan Kesehatan Dunia, selama ini di Indonesia hanya ada dua daerah yang relatif sudah maju menerapkan tracing, testing, dan treatment (3T), yaitu Jakarta dan Yogyakarta.

“Selebihnya masih kurang, walaupun belakangan, selama masa PPKM darurat ini daerah lain di Jawa mulai menunjukkan perbaikan,” jelasnya.

Dicky mengatakan, sebagai negara kepulauan, Indonesia akan memerlukan respon 3T, 5M dan vaksinasi yang agresif, setara dan merata di semua daerah.

“Keterbatasan kapasitas 3T di luar Jawa harus disiasati dengan strategi visitasi massif ke masyarakat meski tanpa testing, yang utama bisa menemukan potensi kasus dan mengisolasinya. Untuk itulah, faktor kepemimpinan yang kuat di daerah menjadi penting mengingat kesehatan adalah sektor yang berada dalam kewenangan kabupaten/kota,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper