Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Angka Kematian, Pasien Isolasi Mandiri Perlu Dipantau Ketat

Untuk menekan angka kematian tersebut perlu dilakukan pemantauan isolasi, penentuan apakah seseorang dapat menjalani isolasi mandiri atau terpusat harus dilakukan oleh tenaga kesehatan.
Ilustrasi lansia mengalami sesak napas saat isolasi mandiri (isoman)/Freepik.com
Ilustrasi lansia mengalami sesak napas saat isolasi mandiri (isoman)/Freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mencatat adanya penurunan tren penggunaan tempat tidur. Namun, di sisi lain, angka kematian dalam beberapa pekan terakhir juga mengalami peningkatan.

Nadia menuturkan, tren penurunan penggunaan tempat tidur atau Bed Occupancy Ratio (BOR) menurun menjadi salah satu parameter yang baik. Namun, perlu diidentifikasi penyebab penambahan kematian dalam beberapa pekan terakhir.

Dia memaparkan, per 2 Agustus 2021, sekitar 77.000 kasus aktif yang dirawat di rumah sakit baik di tempat tidur, isolasi, maupun ICU isolasi dari total 500 ribuan kasus aktif yang ada saat ini.

Hal ini berarti lebih dari 80 persen kasus aktif ada di masyarakat, baik yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri maupun isolasi di tempat yang sudah ditentukan pemerintah daerah setempat.

Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi PPKM, kematian terjadi ketika pasien baru sampai di UGD karena keterlambatan mengenali tanda kegawatan dan terlambat melakukan rujukan. Selain kematian terutama terjadi pada kelompok pasien-pasien berusia lanjut.

Oleh karena itu, untuk menekan angka kematian tersebut perlu dilakukan pemantauan isolasi, penentuan apakah seseorang dapat menjalani isolasi mandiri atau terpusat harus dilakukan oleh tenaga kesehatan, sehingga jika muncul tanda kegawatan dapat segera dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Selain itu, juga memastikan kontak erat terutama kontak erat berisiko tinggi menjalani karantina minimal 5 hari serta entri dan exit test, ditambah dengan memperkuat sistem rujukan sampai ke level terkecil seperti RT/RW.

“Ingat bila gejala sesak muncul saat kita melakukan isolasi mandiri segera ke fasilitas isolasi terpusat dan jangan ditunda,” ujar Nadia, melalui keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Dia menambahkan, evaluasi akan terus dilakukan dan masukan kepada pemerintah sangat diharapkan. Dia menekankan yang paling penting adalah kolaborasi dari semua pihak dari mulai level individu, tingkat RT/RW, desa dan kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi sampai di tingkat nasional dan bahkan global untuk saling mendukung upaya penanganan pandemi yang lebih baik.

Nadia juga mendorong upaya percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok. Saat ini sudah 90,8 juta vaksin yang telah terdistribusi dan ada 3 juta yang akan dikirimkan pada minggu ini serta 6,9 juta stok yang juga dipersiapkan untuk dikirim. Sehingga total 100,9 juta vaksin yang beredar di mana stok di daerah berjumlah 19 juta dosis.

Dia juga memastikan, pada Agustus akan ada stok vaksin yang tersedia sebanyak 82,3 juta dosis. Dia pun mengimbau, masyarakat untuk tidak ragu divaksin sesuai dengan jadwal ketersediaan vaksin di daerahnya masing masing.

“Jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar upaya menurunkan penularan dapat terus berjalan konsisten. Jangan takut jika ditracing dan lakukan testing sesuai arahan petugas kesehatan,” tegasnya.

Dia mengimbau masyarakat agar Covid-19 jangan dianggap sebagai aib dan jangan dikucilkan.

“Mari kita berikan dukungan pada warga yang positif dan yang sedang menjalankan karantina. Bersama kita bisa menghadapi pandemi ini,” ujar Nadia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper