Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lulus Seleksi Administrasi CPNS 2021, Ini Tips Penting

Pelamar yang mengikuti seleksi CPNS yang dinyatakan lulus seleksi administrasi bisa mengikuti SKD menggunakan sistem CAT.
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 03 Agustus 2021  |  13:18 WIB
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). JIBI/Bisnis - Arief Hermawan P
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). JIBI/Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah diumumkan pada hari Senin (2/8/2021).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan bahwa pengumuman seleksi administrasi CPNS berlangsung dalam dua hari hingga hari ini, Selasa (3/8/2021).

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan menggunakan computer assisted test (CAT).

Peserta dimohon untuk bersabar menunggu ke tahapan berikutnya, yaitu jadwal pelaksanaan SKD.

“Buat kalian yang sudah dinyatakan lulus seleksi administrasi, segera siapkan diri kalian untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD),” tulis Instagram resmi BKN, seperti dikutip Bisnis.com, Selasa (3/8/2021).

Mengutip dari Instagram resmi BKN, Selasa (3/8/2021), berikut ini materi seleksi kompetensi dasar (SKD) berdasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 1023 Tahun 2021:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa Indonesia.

  1. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes berikutnya adalah tes intelegensia umum yang terdiri dari tiga tes, yaitu kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan kemampuan figural.

Pada kemampuan verbal meliputi analogi, silogisme, dan analitis. Kemudian, kemampuan numerik terdiri dari berhitung, deret angka, perbandingan kualitatif, dan soal cerita. Lalu, kemampuan figural seperti analogi, ketidaksamaan, dan serial.

  1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes terakhir ini bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan pada pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.

Tahun ini, jumlah soal dari tes SKD sebanyak 110 soal dengan durasi pengerjaan selama 100 menit. Sementara, khusus disabilitas netra, jumlah soal tetap sama, yakni 110 soal dengan durasi 130 menit.

Sementara itu, bobot nilai maksimal dalam tes ini adalah 550 poin. Berikut perincian bobot nilai dalam tes SKD:

  1. TWK: 30 soal, dengan nilai maksimal 150 poin.
  2. TIU: 35 soal, dengan nilai maksimal 175 poin.
  3. TKP: 45 soal, dengan nilai maksimal 225 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

CPNS seleksi cpns Pengumuman CPNS
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top