Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Bangun Pabrik Oksigen di Indonesia, Siapkan Rp8,65 Miliar

Hyundai Motor akan menginisiasi pembangunan fasilitas produksi oksigen di area pabriknya yang diharapkan mampu memasok 500 ton oksigen per tahun.
Tabung oksigen/istimewa
Tabung oksigen/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) akan membangun fasilitas produksi oksigen senilai US$600.000 atau sekitar Rp8,65 miliar di area pabriknya, di Cikarang, Jawa Barat. Proses produksi ditargetkan mulai akhir Agustus 2021.

President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, Young Tack Lee, mengatakan pembangunan fasilitas tersebut merupakan bentuk kontribusi perusahaan dalam mewujudkan visi kemajuan untuk kemanusiaan atau progress for humanity.

“Kami berharap pemenuhan kebutuhan oksigen ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tetapi juga membantu menyelamatkan nyawa pasien kritis yang terpapar virus Covid-19,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

Hyundai Motor akan menggulirkan dana US$600.000 untuk menginisiasi pembangunan fasilitas produksi oksigen di area pabriknya. Proses produksi, yang ditargetkan mulai pada akhir Agustus 2021 ini, diharapkan mampu memasok 500 ton oksigen per tahun.

Jumlah itu diperkirakan dapat digunakan oleh lebih kurang 2.400 pasien kritis selama satu hari di tiap bulannya, dengan asumsi produksi per bulan mencapai 40 ton.

Produksi oksigen dari fasilitas ini nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM.

Penerima bantuan oksigen akan mencakup bangsal rumah sakit mitra di dekat pabrik Hyundai Motor, dan keluarga yang tidak berkecukupan, serta yang menghadapi kendala dalam memperoleh oksigen. Dukungan oksigen dari Hyundai Motor ini akan diberikan secara gratis.

Hyundai Motor berencana untuk memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis ini hingga akhir tahun 2021, dan dapat terus menjalankan fasilitas produksi tersebut jika ada peningkatan permintaan yang signifikan.

Selain fasilitas produksi oksigen, Hyundai Motor memberikan donasi lainnya berupa 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi senilai US$200.000 ini akan mulai disalurkan secara bertahap pada Agustus 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, menyampaikan terima kasih kepada Hyundai yang tidak mengambil keuntungan melalui inisiatif tersebut, serta memberikan bantuan sebagai kontribusi sosial untuk Indonesia.

“Saya sangat percaya bahwa Hyundai Motor dengan Indonesia akan terus bersahabat dan saling membantu melewati pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya.

Luhut, dalam rapat gabungan dengan kementerian terkait, juga menyatakan bahwa akan mendukung penuh pembangunan fasilitas produksi oksigen yang diinisiasi Hyundai Motor, termasuk dalam hal perizinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper