Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

12 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Cara Memainkannya

Ada beberapa alat musik tradisional yang telah mendunia, seperti sasando dan angklung.
Gamelan Jawa/Wikipedia
Gamelan Jawa/Wikipedia

Tehyan, Kecapi, dan Panting

6. Gamelan

Gamelan merupakan alat musik tradisional asal Jawa Tengah yang terdiri dari gong, kenong, gambang, saron, celempung, dan alat musik pendamping lainnya. Gamelan populer di Pulau Jawa dan Bali, ada pula gamelan Sunda, gamelan Jawa, dan gamelan Bali.

Sama seperti angklung, gamelan juga telah lama dikenal di kancah internasional. Cara memainkan gamelan yaitu dengan cara menggunakan alat pemukul.

7. Serangko

Alat musik tradisional asal Jambi ini terbuat dari tanduk kerbau. Cara memainkan serangko hampir mirip dengan alat musik suling, yaitu dengan cara ditiup.

Biasanya, masyarakat Jambi menggunakan serangko untuk memberitahukan bahwa ada kabar buruk yang sedang menimpa daerahnya. Oleh sebab itu, untuk memainkan alat musik ini tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa mendatangkan banyak musibah.

8. Gambus

Selanjutnya alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Riau, yaitu Gambus. Alat musik ini hanya mempunyai 3 sampai 12 senar saja. Gambus sangat cocok dipadukan dengan musik gendang untuk menghasilkan sebuah musik yang memiliki irama yang indah dan enak untuk didengar.

9. Gendang Melayu

Gendang Melayu merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Bangka Belitung. Alat musik yang satu ini merupakan jenis membranofon yang dimainkan dengan cara dipukul dengan telapak tangan. Umumnya, gendang melayu sering digunakan untuk mengisi musik dangdut koplo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper