Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menetap di Saudi, Sebanyak 327 WNI Berhaji Tahun Ini

Dari 60.000 jemaah yang memperoleh izin melakukan ibadah haji, terdapat warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Saudi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 16 Juli 2021  |  13:24 WIB
Ilustrasi Ibadah Haji 2021 - Instagram: Haramain Info
Ilustrasi Ibadah Haji 2021 - Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, JAKARTA — Arab Saudi mulai menyelenggarakan ibadah haji 1442 Hijriah pada Sabtu (17/7/2021) dengan kuota maksimal 60.000 yaitu dikhususkan bagi warga Saudi dan ekspatriat yang sudah menetap di sana.

Dikabarkan, dari 60.000 jemaah haji tersebut, terdapat warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Saudi.

"Saat ini sudah terdata 327 WNI  yang menjadi jemaah haji tahun ini. Mereka adalah WNI yang selama ini sudah menetap di Arab Saudi dan ikut mendaftar sebagai calon jemaah sesuai prosedur yang diberlakukan Saudi," ujar Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali, Jumat (16/7/2021), dalam keterangan resmi.

Menurutnya, jemaah yang sudah terdata ini terdiri atas unsur diplomat (KBRI dan KJRI), Pekerja Migran Indonesia (PMI), serta  mahasiswa Indonesia dan sejumlah WNI lainnya yang sudah lama menetap di Saudi.

Dia juga menyampaikan bahwa proses pendataan WNI yang berhaji tahun ini masih dilakukan. “Data kita akan terus berkembang. Mungkin baru final saat wukuf di Arafah atau menginap di Mina. Jadi masih memungkinkan untuk terus bertambah," tandasnya.

Seperti diketahui, Arab Saudi membatasi jumlah jemaah yang melakukan ibadah haji hanya 60.000 orang. Jumlah itu hanya dikhususnya bagi warga negara Saudi dan sebagian warga asing yang  sudah menetap di sana.

Pembatasan yang  dilakukan Saudi tersebut dilakukan menyusul serangan varian baru virus Corona yang melanda sejumlah negara mulai dari India hingga Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi wni Virus Corona
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top