Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 Meroket, Mulai Senin (12/7) Korsel Siaga Level 4

Film dan konser tidak diperbolehkan setelah jam 10 malam dan klub malam serta bar tutup. Sedangkan, restoran dan kafe akan diizinkan secara terbatas dan hanya berlaku layanan bawa pulang setelah jam 10 malam.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 09 Juli 2021  |  13:56 WIB
Kasus Covid-19 Meroket, Mulai Senin (12/7) Korsel Siaga Level 4
Seorang perempuan lanjut usia Korea Selatan saat akan menerima dosis pertama vaksin penyakit virus korona (Covid-19) Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi di Seoul, Korea Selatan, Kamis (1/4/2021)./Antara/Reuters-Chung Sung-Jun - Pool

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan atau Korsel akan memperketat pembatasan Covid-19 ke tingkat yang paling ketat mulai Senin (12/7/2021) di Seoul dan wilayah sekitar akibat kasus baru mencatat rekor harian kedua berturut-turut secara nasional.

Korea Selatan, yang sejauh ini bernasib lebih baik daripada banyak negara industri dalam jumlah kasus dan kematian, melaporkan 1.316 infeksi Covid-19 baru pada Kamis (8/7/2021) tengah malam.

Angka tu naik dari rekor pada Rabu (7/7/2021) sebelumnya di angka 1.275.

Akan tetapi, dengan tingkat kematian 1,23 persen dan jumlah kasus parah pada angka 148 pada Kamis (9/7/2021), tetap jauh di bawah tingkat yang terlihat selama puncak sebelumnya pada akhir Desember 2020.

Seorang pejabat tinggi kesehatan kemarin memperingatkan, bahwa jumlah kasus baru mungkin akan mencapai hampir dua kali lipat pada akhir Juli dan Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengumumkan dua minggu pembatasan yang lebih ketat atau level 4.

Level tersebut  adalah yang paling parah dalam skala Korea Selatan selain penguncian penuh.

Para ahli mengatakan strategi Covid-19 pemerintah adalah untuk menghindari pukulan terhadap ekonomi akibat penguncian penuh di tempat lain.

“Strategi pemerintah menjauhi lockdown adalah karena khawatir berdampak negatif terhadap perekonomian dan level 4 adalah yang paling keras," kata Kim Dong-hyun, mantan presiden Korean Society of Epidemiology seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Jumat (9/7/2021).

Berdasarkan aturan pembatasan baru, orang disarankan untuk tinggal di rumah sebanyak mungkin dan sekolah disarankan beralih ke pembelajaran jarak jauh.

Pertemuan sosial dibatasi untuk dua orang setelah jam 6 sore dan demonstrasi dilarang.

Selain itu, tidak ada penonton yang diizinkan untuk menghadiri pertandingan olahraga, sementara hotel hanya dapat beroperasi pada dua pertiga dari kapasitas penuh.

Film dan konser tidak diperbolehkan setelah jam 10 malam dan klub malam serta bar tutup. Sedangkan, restoran dan kafe akan diizinkan secara terbatas dan hanya berlaku layanan bawa pulang setelah jam 10 malam.

Total infeksi Covid-19 Korea Selatan hingga saat ini mencapai 165.344 dengan 2.036 kematian.

Korsel memberikan dua suntikan dalam proses vaksinasi kepada lebih dari 10 persen dari 52 juta penduduknya, sementara 30 persen telah menerima setidaknya satu dosis yang sebagian besar berusia di atas 60 tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korsel Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top