Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Covid-19 Level 3, Korsel Siapkan Aturan Pembatasan Sosial Baru

Korea Selatan melaporkan hampir 800 kasus Covid-19 baru di tengah tumbuhnya kekhawatiran akan varian virus yang sangat cepat menyebar.
Virus Corona mengalami mutasi beberapa kali./Istimewa
Virus Corona mengalami mutasi beberapa kali./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Kesehatan Korea Selatan (Korsel) menyatakan, pihaknya akan mulai membahas peningkatan kewaspadaan terhadap Covid-19 segera ketika jumlah kasus yang terkonfirmasi di wilayah Ibu Kota, termasuk Kota Seoul, telah mencapai level 3, dalam sistem aturan jarak sosial baru yang memiliki empat tingkatan.

Melansir KBS World pada Rabu (30/6/2021), pernyataan tersebut dibuat dalam sebuah konferensi pers pada hari Rabu (30/6/2021), saat dinyata kemungkin menaikkan Seoul ke level 3, mengingat peningkatan jumlah kasus yang terkonfirmasi baru-baru ini.

Sebagai tanggapannya, otoritas kesehatan menuturkan bahwa wilayah sekitar metropolitan Seoul saat ini masih dapat menerapkan aturan Level 2.

Namun, pihaknya berencana untuk segera memulai pembicaraan untuk menaikkan tingkat kewaspadaan, jika jumlah kasus Covid-19 sedikit lebih banyak, yakni mencapai lebih dari 2 per 100.000 penduduk, yang termasuk dalam Level 3.

Perlu diketahui, Korea Selatan melaporkan hampir 800 kasus Covid-19 baru di tengah tumbuhnya kekhawatiran akan varian virus yang sangat cepat menyebar.

Direktorat Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) pada hari Rabu (30/6/2021) mencatat 794 kasus baru sepanjang hari Selasa (29/6/2021), menaikkan jumlah total kasus dalam negeri menjadi 156.961 kasus.

Dari antara kasus-kasus baru tersebut, 759 kasus merupakan penularan lokal dan 35 kasus berasal dari luar negeri.

Angka harian tersebut naik di atas angka 700 untuk pertama kalinya sejak tanggal 5 Juni, mencatatkan yang tertinggi sejak tanggal 23 April di mana tercatat sebanyak 797 kasus.

Berdasarkan wilayah penyebaran, sekitar 83,1 persen dari kasus tersebut tercatat berasal dari wilayah metropolitan Seoul, dengan 368 kasus di Kota Seoul dan 234 kasus di Provinsi Gyeonggido.

Jumlah pasien kritis berkurang 3 orang menjadi 149 orang dan kasus kematian bertambah 1 kasus, sehingga total kasus kematian mencapai 2.018 kasus, dengan tingkat fatalitas kasus tercatat di angka 1,29 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper